Gerakan Peduli Nutrisi untuk Para Tenaga Medis oleh #NutrisiGardaTerdepan

    Raka Lestari - 18 Maret 2020 19:48 WIB
    Gerakan Peduli Nutrisi untuk Para Tenaga Medis oleh #NutrisiGardaTerdepan
    Gerakan #NutrisiGardaTerdepan berawal dari meningkatnya beban kerja tenaga medis seiring dengan wabah covid-19. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Tim medis seperti dokter dan perawat merupakan garda terdepan dalam menangani kasus covid-19 dan tidak sedikit yang mengalami kelelahan baik secara fisik maupun secara mental.

    Tingginya beban kerja mereka tersebut dalam menangani kasus covid-19 tentu berdampak pula pada menurunnya imunitas tubuh.

    Oleh karena itu, tim dari #NutrisiGardaTerdepan melakukan penggalangan dana untuk menyediakan makanan bergizi, susu dan vitamin kepada tenaga kesehatan di RS rujukan covid-19 khususnya yang ada di DKI Jakarta.

    Eghar Anugrapaksi yang menjadi juru bicara dari tim #NutrisiGardaTerdepan menjelaskan, “Gerakan kami yaitu #NutrisiGardaTerdepan bertujuan untuk memberikan makanan bergizi dan suplemen nutrisi tambahan, seperti susu dan vitamin untuk tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan dalam kasus covid-19.”

    Ia mengatakan bahwa gerakan ini berawal dari meningkatnya beban kerja tenaga medis seiring dengan wabah covid-19.

    “Beban kerja yang meningkat bisa berarti sistem pertahanan tubuh yang melemah dan stres psikologis. Jika tidak ada intervensi, maka tenaga kesehatan bisa tumbang dan jatuh sakit jga. Oleh karena itu, kami melihat bahwa dukungan nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tenaga medis.”

    Anggota dari tim #NutrisiGardaTerdepan ini menurut Eghar terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda tidak hanya yang memiliki latar belakang kesehatan saja. 

    “Masyarakat umum pun boleh ikut. Kemarin pun kami sempat membuka open recruitment dan ada juga beberapa kawan non kesehatan yang bergabung,” jelasnya.

    “Untuk open recruitment biasanya kami sebar saja melalui grup-grup kami, lewat IG story, atau Twitter. Alhamdulillah banyak yang ingin berjuang bersama,” ujar Eghar. 

    Sampai saat ini tim #NutrisiGardaTerdepan masih berfokus di Jakarta tetapi ke depannya akan ada di beberapa kota lain. “Alhamdulillah berkat jaringan yang luas serta orang-orang yang ingin berbuat baik, sekarang untuk tim Surabaya dan tim semarang sedang diinisiasi.”

    Eghar menjelaskan bawa biasanya paket makanan untuk para tenaga medis tersebut diantar ke rumah sakit secara langsung karena setiap rumah sakit memiliki kebijakan berbeda-beda untuk distribusi makanan. 

    Setiap hari, tim #NutrisiGardaTerdepan ini biasanya mengiri sekitar 100 - 150 porsi makanan untuk para tenaga medis tersebut.


    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id