Alasan Kelebihan Berat Badan Bisa Meningkatkan Risiko Kanker

    Kumara Anggita - 09 September 2020 08:23 WIB
    Alasan Kelebihan Berat Badan Bisa Meningkatkan Risiko Kanker
    Orang gemuk cenderung memiliki tingkat sitokin inflamasi yang lebih tinggi dalam darah mereka, yang menyebabkan peradangan kronis dan mendorong sel untuk membelah. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Salah satu faktor yang mendorong perkembangan kanker adalah obesitas. Ini karena lemak berlebih menganggu cara kerja tubuh.

    Dikutip dari Healthline, sumber menunjukkan bahwa obesitas meningkatkan risiko 13 jenis kanker yang berbeda. Ini termasuk kanker kerongkongan, usus besar, pankreas dan ginjal, serta kanker payudara setelah menopause.

    Obesitas dapat meningkatkan risiko kanker dengan tiga cara utama antara lain:

    Muncul resistensi insulin

    Lemak tubuh yang berlebih dapat menyebabkan resistensi insulin. Akibatnya, sel Anda tidak dapat mengambil glukosa dengan benar, yang mendorongnya untuk membelah lebih cepat.

    Tingkat sitokin inflamasi yang lebih tinggi

    Orang gemuk cenderung memiliki tingkat sitokin inflamasi yang lebih tinggi dalam darah mereka, yang menyebabkan peradangan kronis dan mendorong sel untuk membelah.

    Meningkatnya kadar estrogen

    Sel lemak berkontribusi pada peningkatan kadar estrogen, yang meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium pada perempuanpascamenopause.

    Kabar baiknya adalah bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung mengurangi risiko kanker.

    Jadi bila sekarang berat badan Anda sudah menunjukkan bahwa Anda obesitas, ini waktunya untuk mengubah gaya hidup jadi lebih baik. Berolahragalah dan juga makan makanan yang sehat.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id