Tips agar Rumah Terhindar dari Virus Korona

    Kumara Anggita - 27 Maret 2020 06:06 WIB
    Tips agar Rumah Terhindar dari Virus Korona
    Ilustrasi-Unsplash
    Jakarta: Self-quarantine membuat Anda harus lebih memberikan perhatian ekstra pada kebersihan di rumah. Hal ini dilakukan agar risiko terkena covid-19 semakin mengecil.

    Bila Anda tidak ada bayangan cara membuat rumah aman dari covid-19. Berikut ada beberapa tips cepat dan mudah dari para ahli yang dapat Anda ikuti yang dilansir huffpost:

    -Jaga kebersihan wastafel dan meja

    Mencuci tangan adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari covid-19. Contohnya saat Anda kembali dari luar, setelah Anda menyentuh permukaan yang berpotensi terinfeksi, setelah Anda menggunakan kamar mandi, dan sebelum makan.

    Namun, perlu diingat pula bahwa beberapa orang bisa secara tak sengaja menumpahkan tetesan air yang sangat kecil dan terbang ke udara selama mencuci tangan. Membersihkan tumpahan di sekitar wastafel akan sangat membantu dan kadang-kadang disinfektan akan mencegah virus ini menginfeksi siapa pun.

    Selain itu, pastikan Anda juga secara teratur membersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti meja, gagang pintu, dan gagang keran.

    -Buka jendela

    Meningkatkan jumlah udara segar yang masuk ke rumah Anda akan membantu menghilangkan kontaminan dalam ruangan. Termasuk partikel virus di udara.

    Para peneliti tidak yakin berapa banyak orang yang sakit akibat menghirup salinan SARS-CoV-2 yang terbawa melalui udara, tetapi mereka semakin khawatir bahwa virus tersebut dapat menyebar melalui partikel-partikel yang tetap melayang di udara hingga setengah jam.

    Tips agar Rumah Terhindar dari Virus Korona
    Membuka jendela memberi udara segar masuk ke ruangan Anda. (Foto: Unsplash)

    "Sedikit udara segar bisa membuat tubuh Anda lebih baik, dan kami pikir ada bukti bahwa itu bisa membuat bangunan rumah Anda juga bagus," kata Kevin Van Den Wymelenberg, rekan penulis panduan dan profesor di Sekolah Arsitektur dan Lingkungan di Universitas Oregon.

    "Ini adalah strategi sederhana yang dapat kita akses di sebagian besar bangunan dan rumah,” jelasnya.

    -Membersihkan barang-barang yang Anda gunakan setiap hari

    Ini termasuk mendisinfeksi ponsel Anda, mencuci pakaian Anda dengan hati-hati, dan membersihkan tas belanjaan Anda yang dapat digunakan kembali. Kita semua harus melakukan perubahan besar untuk menghambat penyebaran covid-19.

    -Buka tirai Anda

    Membiarkan sinar matahari masuk ke rumah Anda adalah cara lain untuk memberi tekanan pada virus yang masuk ke dalam. Sinar UV merusak sebagian besar mikroorganisme dan virus, termasuk coronavirus yang terkait erat dengan SARS-CoV-2.

    Tips agar Rumah Terhindar dari Virus Korona
    Sinar matahari dapat menonaktifkan virus influenza dan virus lainnya. (Foto: Unsplash)

    "Kami memiliki bukti dalam literatur bahwa sinar matahari dapat menonaktifkan virus influenza dan virus lainnya. Ini juga baik untuk kesehatan psikologis Anda," kata Mark Fretz, salah satu penulis panduan ini dan asisten peneliti profesor di College of Design University of Oregon.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id