Tips agar Terhindar dari Nyeri Punggung kala Bekerja dari Rumah

    Raka Lestari - 03 April 2020 16:42 WIB
    Tips agar Terhindar dari Nyeri Punggung kala Bekerja dari Rumah
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Bekerja dari rumah di tengah pandemi covid-19 menjadi kebijakan yang diarahkan pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Upaya itu tak lepas demi memutus rantai penyebaran virus korona.

    Namun, tak sedikit orang yang kerap mendapatkan keluhan. Seperti internet yang macet, hingga nyeri punggung lantaran terlalu lama duduk dengan posisi yang salah.

    Lalu bagaimana cara mengatasi upaya nyeri punggung tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi nyeri punggung ketika sedang bekerja dari rumah:

    -Ubah posisi duduk dan gunakan bantal

    Terapis okupasi, Karen Jacobs mengatakan bahwa satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghindari sakit punggung adalah mengubah posisi duduk Anda sepanjang hari. Jacobs menjelaskan bahwa melakukan satu posisi terlalu lama lama dapat menyebabkan tidak hanya sakit punggung, tetapi juga sakit leher dan bahu.

    Tips agar Terhindar dari Nyeri Punggung kala Bekerja dari Rumah

    Terapis fisik Eric Robertson merekomendasikan perubahan posisi setiap jam, mulai dari duduk di meja dapur ke berdiri ke duduk di sofa. Robertson merekomendasikan untuk meletakkan bantal tipis di bawah tempat duduk Anda, atau bahkan handuk lembut. Bantal atau handuk yang digulung juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung.

    -Posisi laptop

    Laptop terkadang bisa terlalu rendah atau terlalu tinggi. Meletakkan laptop di atas tumpukan buku atau kotak sepetu dapat membuatnya bertambah tinggi sesuai dengan tinggi mata Anda. Sehingga dapat membantu menghindari ketegangan mata saat membaca.

    Tips agar Terhindar dari Nyeri Punggung kala Bekerja dari Rumah

    "Pastikan untuk menurunkannya saat Anda perlu mengetik karena lengan Anda harus ditekuk pada sudut 90 derajat saat mengetik," kata Roberston.

    -Istirahat sejenak

    Salah satu saran yang paling penting adalah ingat untuk istirahat. Jacobs menyarankan untuk mengatur timer agar mengingatkan Anda untuk mengambil istirahat atau jeda tiga hingga lima menit setiap setengah jam.

    Tips agar Terhindar dari Nyeri Punggung kala Bekerja dari Rumah

    "Menambahkan dengan olahraga teratur, sekalipun olahraga yang sangat ringan sekalipun dapat sangat penting untuk menjaga tubuh Anda sehat dan menghindari sakit punggung," tutup Robertson.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id