Gejala Cacar Api yang Mungkin Tidak Disadari

    Anda Nurlaila - 15 November 2019 11:13 WIB
    Gejala Cacar Api yang Mungkin Tidak Disadari
    Ilustrasi- Pixabay
    Jakarta: Herpes zoster atau cacar api mungkin adalah salah satu penyakit yang masih belum banyak diketahui. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster yang biasanya akan muncul jika kondisi kekebalan tubuh sedang tidak optimal.

    Ciri-ciri yang paling terlihat dari herpes zoster adalah menyebabkan kemerahan yang menggatal dan sakit pada kulit. Dan, berikut ini adalah beberapa gejala herpes zoster yang mungkin tidak disadari:

    Kulit melepuh dan terasa sakit

    Kulit yang melepuh secara tiba-tiba dan menyakitkan bisa menjadi tanda herpes zoster. Beberapa orang mengira kulit yang melepuh dan sakit itu terjadi karena gigitan serangga.

    Mendapatkan perawatan secepat mungkin adalah hal yang penting karena obat untuk mengobati herpes zoster bekerja paling baik jika diberikan dalam waktu tiga hari setelah ruam,” kata Tracy Lippard, MD, ahli geriatrik untuk Kaiser Permanente di Longmont, Colorado.

    Iritasi kulit pada satu sisi tubuh

    Ini adalah salah satu gejala khas dari herpes zoster. Herpes zoster selalu menyerang di satu sisi tubuh saja.

    “Herpes zoster tidak pernah melewati bagian tengah pada tubuh,” kata kata Randy Wexler, MD, seorang dokter keluarga di Ohio State University Wexner Medical Center.

    Sensitif terhadap cahaya

    Sensitivitas yang tiba-tiba terhadap cahaya terang, baik sinar matahari atau lampu neon, bisa menjadi pertanda halus bahwa ada sesuatu yang salah. Menurut Larisa Geskin, MD, profesor dermatologi di Columbia University Medical Center di New York, mengatakan bahwa herpes zoster bisa menyebabkan rasa sakit kepala atau migrain ringan.

    Benjolan merah pada satu garis

    Benjolan merah dalam pola tertentu pada tubuh Anda bisa menjadi salah satu gejala awal herpes zoster. Gejala awal bisa dimulai dengan benjolan merah pada seluruh tubuh dan biasanya berbentuk seperti dermatomal.

    "Maksudnya, biasanya benjolan merah tersebut berbentuk linear atau berada pada satu garis yang sama," kata Dr Geskin.

    Stres

    “Stres karena penyakit tertentu atau kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan bisa membuat Anda merasa kewalahan,” kata Evan Rieder, MD, seorang dokter kulit dan asisten profesor dermatologi di NYU Langone Medical Center di New York.

    Bahkan, masih menurut Dr. Rieder, stresor ringan seperti kurang tidur atau pilek dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga memungkinkan reaktivasi virus yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id