Cukup 10 Detik, Begini Cara Anda agar Cepat Tidur

    Kumara Anggita - 11 November 2019 09:51 WIB
    Cukup 10 Detik, Begini Cara Anda agar Cepat Tidur
    Ilustrasi- Pixabay
    Jakarta: Apakah Anda sudah memejamkan mata selama berjam-jam namun tetap saja tak bisa tidur? Anda tidak perlu sedih karena Anda tidak sendiri.

    Bila Anda semakin berusaha dalam hal ini justru siklus energi gelisah dan menengangkan buat Anda semakin tidak bisa tidur. Bila pikiran Anda tak bisa rileks maka begitu juga yang terjadi pada tubuh Anda.

    Namun ada triknya agar Anda bisa tidur dengan cepat. Bahkan dalam waktu 10 detik seperti dilansir dari Healthline berikut ini.

    Untuk menerapkan trik ini, dibutuhkan banyak latihan sampai Anda benar-benar bisa menggunakan waktu hanya 10 detik. Trik ini membutuhkan waktu 120 detik penuh hingga selesai, namun 10 detik terakhir lah yang benar-benar dibutuhkan.

    Metode militer

    Metode militer populer yang pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman, berasal dari sebuah buku berjudul "Relax and Win: Performance Championship."

    Menurut Ackerman, Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat menciptakan sebuah rutinitas untuk membantu pilot tertidur dalam 2 menit atau kurang. Pilot butuh sekitar 6 minggu untuk latihan dan cara ini berhasil, bahkan bagi mereka yang baru minum kopi.

    Praktek ini dikatakan bahkan bekerja untuk orang-orang yang perlu tidur sambil duduk. Berikut metode militer ini:

    -Buat seluruh wajah Anda dalam keadaan rileks, termasuk otot-otot di dalam mulut Anda.

    -Jatuhkan bahu Anda untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan Anda jatuh ke sisi tubuh Anda.

    -Buang napas, rilekskan dada Anda.

    -Rilekskan juga kaki, paha, dan betis Anda.

    -Jernihkan pikiran Anda selama 10 detik dengan membayangkan adegan santai.

    -Jika ini tidak berhasil, coba ucapkan kata-kata "jangan berpikir" berulang-ulang selama 10 detik.

    -Dalam 10 detik, Anda akan tertidur.

    Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu mengerjakan fondasi metode militer yaitu mengatur pernapasan dan relaksasi otot, yang memiliki beberapa bukti ilmiah bahwa cara itu berfungsi. Selain itu, beberapa kondisi seperti kecemasan dapat mengganggu efektivitas trik ini.

    Teruslah membaca untuk mempelajari teknik-teknik yang menjadi dasar metode militer ini dan bagaimana cara mempraktikkannya secara efektif. Dengan seperti itu, Anda semakin ahli dalam mengendalikan pikiran Anda. Alhasil bisa tertidur dengan nyenyak dalam waktu yang cepat.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id