Cara Bayi Mengetahui Aroma Tubuh Ibunya

    Raka Lestari - 13 Agustus 2019 18:08 WIB
    Cara Bayi Mengetahui Aroma Tubuh Ibunya
    Ilustrasi--Pexels
    Bayi mulai mengenali aroma ibu mereka bahkan sebelum mereka lahir dan kemampuan tersebut memiliki peran yang penting. Ikatan kasih sayang bayi dengan aroma tubuh ibu dimulai sejak mereka berada dalam rahim.
     

    Jakarta:
    Para bayi, terutama yang baru lahir biasanya memiliki kemampuan mengenali aroma orang tua. Aroma yang terdapat pada orang tua diingat bayi memiliki dampak yang cukup besar pada mereka.

    Dilansir dari romper, bayi mulai mengenali aroma ibu mereka bahkan sebelum mereka lahir dan kemampuan tersebut memiliki peran yang penting.

    Dr Jessica Madden, M.D., seorang dokter anak dan neonatologis di Rainbow Babies and Children's Hospital di Cleveland, Amerika Serikat menjelaskan bahwa ikatan kasih sayang bayi dengan aroma tubuh ibu dimulai sejak mereka berada dalam rahim.

    "Indra penciuman mereka berkembang sejak awal selama kehamilan, dan bau pertama yang dialami bayi adalah bau cairan ketuban ibu mereka. Setelah lahir, bayi menggunakan semua indra mereka untuk mengenal Anda dan dunia di sekitar mereka, termasuk indra penciuman mereka," terangnya.

    Bahkan sebelum bayi lahir, lanjutnya, mereka dapat mendengar suara ibunya. Dan pada saat pertama kali sang ibu menggendongnya, mereka mengenali suara ibunya.

    "Dalam beberapa hari, bayi akan mulai mengenal aroma tubuh ibunya," kata DrRachel Levenson, Ph.D. seorang Psikolog Klinis dan Forensik di CLARITY, sebuah praktik terapi di New York.

    Pada hari ketiga, ia dapat membedakan bau ASI Anda dengan orang lain. Dalam seminggu, bayi Anda akan mengenali Anda dan mengembangkan perasaan keterikatan yang terkait dengan wajah Anda.

    Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir lebih mengenal dan menyukai aroma tubuh dan ASI dari ibu mereka sendiri, bahkan dalam beberapa hari awal kelahiran mereka. Levenson mencatat bahwa bayi Anda tidak hanya akan belajar mengenali aroma Anda, tetapi juga akan belajar bagaimana cara Anda memberi makan mereka.

    "Bayi Anda akan mengingat aroma tubuh Anda dalam beberapa hari setelah dilahirkan. Mereka akan menempatkan kepala mereka di ruang antara dagu dan dada Anda agar merasa dekat dengan Anda," kata Levenson.

    "Bayi dapat mengetahui aroma tubuh ibu mereka hanya dengan mencium kulitnya. Jika Anda tidak bisa menyusui, tidak perlu khawatir karena bayi akan tetap menyukai aroma tubuh Anda," terangnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id