Penyebab, Gejala dan Perawatan Cantengan

    Anda Nurlaila - 27 Juli 2019 11:11 WIB
    Penyebab, Gejala dan Perawatan Cantengan
    Ilustrasi (Foto: RD.com)
    Cantengan dapat menyebabkan komplikasi yang memerlukan perawatan medis. Risiko komplikasi lebih tinggi jika Anda menderita diabetes.


    Jakarta: Pernah mengalami jempol kaki terasa sakit dan bengkak? Cantengan atau kuku kaki tumbuh ke dalam terjadi di tepi atau sudut kuku tumbuh mengarah ke kulit di sebelahnya. Sehingga menimbulkan rasa panas, sakit, hingga berisi darah dan nanah.

    Jari jempol kaki lebih besar kemungkinan mengalami cantengan atau kuku tumbuh ke dalam. Biasanya, cantengan dapat diobati sendiri di rumah.

    Mengutip Healthline, cantengan juga dapat menyebabkan komplikasi yang memerlukan perawatan medis. Risiko komplikasi lebih tinggi jika Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan sirkulasi tubuh memburuk.

    Penyebab cantengan

    Cantengan terjadi pada pria dan wanita. Namun kuku kaki tumbuh ke dalam lebih umum terjadi pada mereka yang sering berkeringat di kaki. Orang yang lebih tua juga berisiko lebih tinggi mengalami cantengan karena kuku menebal seiring bertambahnya usia.

    Beberapa penyebab kuku tumbuh ke dalam antara lain:

    Memotong kuku jari kaki secara salah, sebaiknya potong kuku lurus, karena kuku yang dipotong menyudut dapat mendorong kuku tumbuh ke dalam.

    Kuku kaki melengkung

    Alas kaki yang memberi banyak tekanan pada jari jempol, seperti kaus kaki yang terlalu ketat, sepatu yang terlalu sempit

    Cidera kuku kaki, termasuk menjatuhkan sesuatu yang berat di kaki Anda, atau menendang bola berulang kali

    Postur yang buruk

    Kebersihan kaki yang tidak benar, seperti tidak menjaga kaki tetap bersih atau kering

    Kecenderungan genetik

    Menggunakan kaki secara berlebihan selama kegiatan atletik membuat kuku rentan tumbuh ke dalam. Aktivitas menendang benda atau menekan kaki berulang-ulang atau dalam waktu lama seperti sepakbola, balet, kickboxing meningkatkan risiko cantengan.

    Gejala cantengan umumnya memburuk secara bertahap dan dapat sangat menyakitkan. Tanda-tanda awal diantaranya kulit di sebelah kuku melunak, bengkak, dan sakit jika ditekan, ada cairan di sekitar jari kaki yang bengkak. Jika kaki mengalami infeksi, beberapa gejalanya antara lain merah, bengkak, berdarah dan bernanah, pertumbuhan berlebih kulit di sekitar jari kaki.

    Perawatan cantengan

    Jika mengalami kuku yang tumbuh ke dalam, sesegera mungkin lakukan perawatan untuk menghindari gejala memburuk. Pemeriksaan fisik diperlukan untuk mendiagnosis cantengan. Jika jari terlihat infeksi, pemeriksaan foto mungkin diperlukan untuk melihat seberapa dalam kuku tumbuh ke dalam kulit atau apakah cantengan akibat cidera.

    Kuku kaki yang tumbuh ke dalam namun tidak terinfeksi biasanya dapat dirawat di rumah. Namun, jika kuku kaki telah menusuk kulit, atau ada tanda-tanda infeksi, cari perawatan medis. Tanda-tanda infeksi meliputi rasa panas, nanah, kemerahan dan bengkak.

    Perawatan cantengan di rumah

    1. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama  15-20 menit tiga hingga empat kali sehari, jaga sepatu tetap kering.
     
    2. Dorong kulit kaki menjauh dari ujung kuku jari dengan bola kapas yang dibasahi minyak zaitun.

    3. Gunakan obat-obatan bebas, seperti acetaminophen (Tylenol), untuk menghilangkan rasa sakit

    4. Oleskan antibiotik topikal, seperti polimiksin dan neomisin atau krim steroid, untuk mencegah infeksi

    Lakukan perawatan di rumah selama beberapa hari hingga beberapa minggu.Jika rasa sakitnya memburuk atau Anda merasa sulit untuk berjalan atau melakukan kegiatan lain karena kuku, temui dokter.  Kuku yang tidak merespon perawatan rumah atau mengalami infeksi mungkin perlu pembedahan.

    Pencegahan

    Kuku kaki yang tumbuh ke dalam dapat dicegah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup:

    1. Potong kuku lurus dan pastikan ujungnya tidak melengkung

    2. Hindari memotong kuku kaki terlalu pendek





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id