Tips agar Tidur Lebih Nyaman dan Lelap

    Anda Nurlaila - 03 Oktober 2019 06:05 WIB
    Tips agar Tidur Lebih Nyaman dan Lelap
    Ilustrasi- (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
    Jakarta: Waktu tidur malam yang cukup memengaruhi kualitas kesehatan. Aktivitas tertentu seperti berolahraga teratur secara konsisten bermanfaat untuk tidur yang nyenyak. 

    WebMD menulis, ada beberapa trik dan tip yang dapat membantu tidur lebih baik.

    Kasur yang tepat 

    Ada beberapa jenis kasur untuk mereka dengan berbagai kebutuhan. Bagi Anda yang sakit punggung, berkeringat di malam hari, sleep apnea, atau ingin tidur nyenyak, kasur harus cukup kuat untuk menopang posisi punggung dan tidur Anda tetapi cukup lembut agar sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

    Innerspring kasur

    Tipe kasur  umumnya menggunakan 300 hingga lebih dari 1.000 innerspring yang ditutupi bantalan. Kasur dapat memiliki permukaan keras atau lunak tergantung bahannya. Para ahli percaya 400 innerspring sudah cukup menopang dan lebih banyak tidak memberi perbedaan besar. Mereka dengan kelebihan berat badan dapat dengan mudah turun dari kasur  jenis ini dan cocok bagi kebanyakan orang. 

    Kasur busa 

    Kasur jenis ini bagus jika Anda mengalami nyeri otot atau persendian, atau kondisi lain yang menyulitkan Anda merasa nyaman. Tetapi sebagian lain merasa kasur busa terlalu hangat, sehingga bukan pilihan yang baik saat tidur. Sementara sebagian tidak suka bau bahan kimia di dalam busa, sehingga sebaiknya perhatikan aromanya saat memilih kasur.

    Kasur Udara

    Kasur ini diisi dengan udara dengan kekencangan dan dukungan yang dapat disesuaikan. Anda dan pasangan tidur dapat tidur di masing-masing sisi tempat tidur. Periksa ulasan yang ada pada toko dalam jaringan  sebelum membeli sesuai yang Anda harapkan. 

    Seprai yang tepat 

    Bahan katun atau linen 400 akan membuat seprai lebih lembut dan bernapas. Bila lebih tinggi dari nilai dapat menyerap kelembaban dan  kain teralebih panas. Campuran polyester  atau katun tidak akan membuat Anda tetap sejuk dan kering.

    Sering mencuci seprai 

    Aroma seprai yang bersih dan bersih dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Cuci setidaknya seminggu sekali. Pengeringan  sedang atau ringan tanpa pelembut dapat membuat seprai lebih awet. Jangan lupakan sarung bantal karena menyerap minyak dan keringat dari wajah. 

    Pilih Bantal yang sesuai 

    Bantal yang salah tidak hanya membuat susah tidur tapi dapat membuat leher sakit, mati rasa, dan sakit kepala. Bantal yang baik dapat menjaga bentuk dan mendukung posisi tidur Anda . Sehingga kepala Anda tidak terlalu jauh ke depan atau belakang.

    Ganti bantal setiap 18 bulan atau lebih karena itu dapat menjebak jamur, serbuk sari, dan debu yang dapat membuat Anda sakit atau menyebabkan alergi. Ganti jika bantal berubah bentuk atau sering dilipat dua. 

    Merapikan tempat tidur

    Tempat tidur yang rapi cenderung membuat orang tidur nyenyak. Meski tidak diketahuo penyebabnya, ilmuwan menduga ini membuat Anda nyaman saat beristirahat. Kamar tidur yang bersih juga bisa membantu. Tidak ada kata apakah Anda harus membersihkannya sendiri.

    White Noise

    Dengungan AC, kipas angin, atau bahkan hujan deras yang konsisten dapat menutupi suara yang dapat membangunkan Anda, seperti percakapan dan suara bantingan pintu. Anda juga bisa menyalakan mesin atau aplikasi telepon untuk menciptakan dengung pilihan Anda.

    Posisi tidur 

    Tidur pada perut membuat Anda sulit membalikkan badan dan dapat menyebabkan leher dan punggung Anda tegang. Bagi yang tidur di bagian punggung dapat membuat dengkuran kian keras dan sleep apnea.

    Meletakkan bantal atau handuk yang digulung di bawah lutut dapat membantu menjaga lengkungan alami tulang belakang Anda. Untuk kepala Anda, Anda mungkin memerlukan bantal yang lebih tipis di atas dan sedikit lebih tebal di bagian bawah sehingga menopang leher Anda.

    Tidur menyamping

    Anda cenderung mendengkur atau sakit punggung. Anda juga kesulitan tidur semalaman. Semua posisi tidur menyamping baik, tapi posisi janin dengan lutut yang ditekuk sedikit ke dada lebih baik. 

    Jika sedang hamil

    Biasanya lebih nyaman dan sehat untuk Anda dan bayi jika Anda tidur menyamping. Tidur di sisi kiri lebih baik, karena tubuh mendapat lebih banyak darah dan nutrisi untuk bayi Anda. 

    Pakaian yang nyaman

    Gunakan pakaian yang nyaman seperti berbahan katun lembut dan longgar. Sementara sutra mahal dan sulit dibersihkan. Jika kedinginan, pakai kaos kaki  yang dapat menghangatkan seluruh tubuh.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id