Virus Korona Tidak Menular Lewat Makanan

    Kumara Anggita - 05 Februari 2020 08:03 WIB
    Virus Korona Tidak Menular Lewat Makanan
    Virus korona tidak menular melalui makanan? Berikut selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels)
    Jakarta: Mengingat virus korona berasal dari Tiongkok, orang awam jadi menganggap barang-barang dari Tiongkok sebagai sebuah ancaman. Makanan dianggap sebagai salah satu media penularan. 

    Kementerian Kesehatan membantah berita ini. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes menegaskan bahwa virus korona tidak menular melalui makanan. 

    “Dari segi kesehatan makanan dan minuman tidak memberikan penularan. Virus korona kan 70 derajat mati. Makanlah makanan yang masak sampai matang. Masak kan (dimasak dengan suhu)  100 derajat. Ya, dia (virus) akan mati,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 4 Februari 2019.

    Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, drg. Widyawati menyebutkan bahwa sejak Mei 2019 hingga saat ini Kominfo telah mencatat 48 hoaks terkait dengan virus korona.

    “Untuk itu kami selalu imbau masyarakat jangan berspekulasi membuat rumor dan menyebarkan tentang ini (virus korona),” ujarnya. 

    Kemenkes mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap waspada dan menjaga daya tahan tubuh. Terapkan perilaku hidup bersih yang sehat dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). 

    “Kalau mengalami gejala seperti influenza demam, batuk,pilek, batuk, sesak napas segera periksakan ke fasilitas kesehatan,” tambah Widyawati.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id