Tips Workout di Rumah Tanpa Alat Khusus

    Sunnaholomi Halakrispen - 14 Mei 2020 18:31 WIB
    Tips Workout di Rumah Tanpa Alat Khusus
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Pandemi covid-19 membuat sebagian masyarakat untuk berada di rumah saja. Berolahraga atau workout pun sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tentunya tidak harus workout di tempat gym atau fitness center.

    Direktur Jenderal WHO (World Health Organization) Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari Manila Times, menyatakan bahwa masyarakat sebaiknya berolahraga. Setidaknya, selama 30 menit sehari untuk orang dewasa dan satu jam sehari untuk anak-anak.

    "Jika Anda diizinkan pergi ke luar, berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda sambil menjaga jarak aman dari orang lain. Jika Anda tidak dapat meninggalkan rumah, berdansa, melakukan yoga atau berjalan naik dan turun tangga atau di sekitar kamar Anda," tuturnya.

    Selain itu, orang yang bekerja dari rumah tidak boleh duduk terlalu lama di posisi yang sama. Beristirahat tiga menit setiap 30 menit. Kemudian, melakukan angkat beban dengan halter.

    Apabila Anda tidak memiliki beban, Anda bisa menggunakan botol yang berisi air atau kaleng makanan. Beratnya bisa beragam, menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan masing-masing orang. Maka, tidak perlu dipaksakan berapa kilogram.

    "Lakukan squat dengan bantuan, jaga agar punggung Anda tetap pada bola kebugaran di dinding, atau gunakan bagian belakang sofa untuk penyangga," paparnya.

    Selain itu, bangunlah dan berdiri setidaknya selama satu menit setiap jam. Ketika Anda bangun, cara ini bisa melawan kesulitan yang Anda rasakan terlebih ketika duduk terlalu banyak saat bekerja maupun belajar.

    Anda pun bisa memanfaatkan fasilitas koneksi internet. Salah satunya, mengakses YouTube yang memiliki banyak kelas latihan online untuk zumba, calithenics, yoga, pilates, dan lainnya, yang dapat Anda ikuti dengan berbagai tingkat kesulitan serta tingkat kesehatan Anda.

    "Seorang teman mengatakan bahwa dia dan grup piloxingnya bertemu di Zoom dengan instruktur mereka dan akan terus melakukannya. Anda tidak punya alasan. Olahraga teratur mengurangi risiko penyakit gaya hidup, membantu membakar kelebihan kalori yang Anda kenakan," jelas Dr. Patricia B. Gatbonton, MD.

    Berolahraga juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan produksi endorfin otak Anda. Termasuk, bisa mengangkat suasana hati Anda menjadi lebih baik secara psikologi maupun fisik.

    "Kita semua dapat terus bekerja, menghadiri kelas, mengajar, berolahraga, belajar memasak, bahasa baru, instrumen baru, dan mendapatkan tur virtual gratis melalui, untuk menghibur kita (selama di rumah saja)," pungkasnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id