Penggunaan Avigan dan Klorokuin dalam Pengobatan Covid-19

    Raka Lestari - 23 Maret 2020 11:18 WIB
    Penggunaan Avigan dan Klorokuin dalam Pengobatan Covid-19
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Pemerintah Indonesia memesan dua juta obat Avigan dan tiga juta Klorokuin untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus korona atau covid-19. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam telekomunikasinya di Istana Bogor, Jumat, 20 Maret 2020.

    Avigan sendiri merupakan obat favipiravir atau sejenis obat flu yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical. Sedangkan Klorokuin merupakan obat antimalaria. Kedua obat ini dianggap ampuh dalam mengatasi covid-19 yang sudah dipakai di Tiongkok.

    “Pada saat kita bicara pada posisi dokter, kita punya dasar yang namanya evidence based. Artinya ada dasar-dasar ilmiah. Memang sampai ini, literatur referensi yang terkait pengobatan covid-19 ini masih berkembang,” ujar Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Mohammad Adib Khumaidi.

    Ia menambahkan bahwa belum bisa mengatakan bahwa obat tersebut direkomendasikan. Tidak, tetapi kalau bicara antivirus, ditambah dengan klorokuin supaya mengurangi peradangannya, ditambah dengan vitamin C itu untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

    “Akan tetapi apakah itu kemudian spesifik direkomendasikan? Memang sampai sekarang masih berkembang. Artinya bukan di Indonesia saja, di luar negeri pun referensinya masih berkembang,” ujar Adib.

    Akan tetapi, penggunaan Avigan dan Chloroquine sendiri bukan berarti bisa dibeli oleh siapapun. Hanya mereka yang memiliki gejala atau terinfeksi saja yang bisa membeli kedua jenis obat tersebut.

    Penggunaan Avigan dan Klorokuin digunakan bukan untuk mencegah covid-19. Tetapi untuk memberikan pengobatan kepada pasien yang terinfeksi virus korona ini.





    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id