Apakah Mandi Air Panas Bisa Membunuh Virus Korona?

    Raka Lestari - 24 Maret 2020 14:52 WIB
    Apakah Mandi Air Panas Bisa Membunuh Virus Korona?
    Apakah mandi air panas ampuh membunuh virus korona atau covid-19? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Virus korona merupakan virus yang cukup sensitif terhadap suhu panas. Berdasarkan hal ini, banyak orang yang menganggap bahwa mandi dengan air hangat bisa mematikan dan mencegah virus tersebut masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi, apakah hal tersebut benar adanya?

    "Begitu virus masuk ke tubuh Anda, itu tergantung pada sistem kekebalan Anda untuk membunuhnya," jelas Dr Claudia Pastides dari Babylon Health. 

    “Mandi atau minum air panas tidak akan bisa mencapai atau membunuh virus, karena virus itu berada di dalam sel di dalam tubuh Anda. Tubuh Anda akan mengatur suhu air tersebut sehingga tidak akan naik terlalu banyak ketika kena tubuh Anda.”

    Saran Dr Claudia cara terbaik untuk membunuh virus adalah jika Anda melakukan kontak dengan kulit, sebaiknya mencucinya dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer.

    Beberapa teoori juga berkembang berdasarkan pernyataan bahwa suhu panas dapat membunuh virus korona seperti mengeringkan tangan menggunakan hand dryer, mandi dengan air panas, minum air panas, yang dapat membunuh virus korona.

    Tetapi Dr Claudia mengatakan bahwa tidak ada dari teori-teori tersebut yang bisa dipastikan kebenarannya dan ia juga menekankan bahwa suhu tubuh internal Anda tidak akan banyak berubah, tidak peduli berapapun suhu mandi atau minuman panas yang Anda konsumsi.

    “Belum ada cukup bukti bahwa suhu tinggi membunuh Sars-CoV-2 (virus yang menyebabkan covid-19),” tambahnya. “Namun, kami tahu dari studi tentang coronavirus yang menyebabkan SARS, bahwa suhu lebih dari 56 derajat Celsius dapat membunuhnya. Ini, tentu saja, suhu yang terlalu tinggi bagi tubuh untuk mandi.”

    Dr Claudia juga menegaskan bahwa makan bawang putih dapat melindungi Anda dari covid-19. Menurutnya, pada situasi seperti ini penting sekali untuk mencari informasi yang benar. “Jadi, pastikan Anda memeriksa sumber yang terpercaya sebelum membagikan informasi kepada orang lain,” tutupnya.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id