Bahan Terbaik yang Harus Ada pada Pelembap Anda

    Raka Lestari - 20 Juni 2020 10:05 WIB
    Bahan Terbaik yang Harus Ada pada Pelembap Anda
    Setiap orang membutuhkan pelembap, entah itu kondisi kulit Anda normal ataupun kering. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Setiap orang membutuhkan pelembap, entah itu kondisi kulit Anda normal ataupun kering. Bagi mereka yang memiliki kulit kering, pelembap bisa menjadi cara untuk mengurangi kulit yang pecah-pecah. Dan untuk yang memiliki kulit berminyak, tidak menggunakan pelembap hanya akan menyebabkan kulit memproduksi minyak lebih banyak.

    “Dalam satu hari, kulit akan kehilangan kelembapannya,” kata Melissa Doft, MD, ahli bedah plastik dan profesor di Weil Cornell Medical College, seperti dilansir Insider.

    Dan pelembap, dapat mengisi kembali kelembapan kulit sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi. “Lebih dari itu, semakin bertambahnya usia kemampuan kelenjar minyak untuk memproduksi kulit akan semakin berkurang,” kata Doft.

    Hal ini dapat menyebabkan kulit bertambah kering dan lebih rentan mengalami kerusakan. Pelembap dapat mengembalikan proses ini dengan mengunci air dan mengisi kembali pelindung kulit (skin barrier)

    Untuk itu, pilihlah pelembap yang memiliki bahan-bahan seperti berikut ini:

    Gliserin 

    Gliserin adalah salah satu bahan yang paling umum terdapat di pelembap. Gliserin adalah humektan, yang berarti menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan menarik air dari udara dan lapisan kulit yang paling bawah. Ini membantu menjaga lapisan atas kulit Anda dari kekeringan, karena kekeringan dapat merusak skin barrier Anda terhadap bakteri dan iritasi.

    Asam hialuronat

    Asam hialuronat juga merpakan bahan yang ditemukan di banyak pelembap, tetapi juga diproduksi secara alami oleh kulit Anda untuk membantu menahan air. Namun, seiring bertambahnya usia, Anda mulai kehilangan asam hialuronat di kulit Anda. Hal ini membuat kulit lebih rentan kering.

    Shea butter

    Shea butter adalah bahan alami lain yang berasal dari biji pohon shea. Ini bersifat emolien dan berfungsi untuk menghaluskan kulit Anda dan menjaga kelembapan pada kulit Anda.

    Dengan mengisi celah di kulit Anda, emolien seperti shea butter dapat membantu menyembuhkan skin barrier yang rusak dan menyembunyikan ketidaksempurnaan untuk membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

    Petrolatum

    Petrolatum adalah bahan oklusif yang bekerja dengan menciptakan lapisan pelindung di kulit Anda yang mencegah kelembapan menguap. Doft mengatakan bahwa petrolatum adalah oklusif paling efektif untuk mengunci kelembapan.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id