Insomnia Bikin Anda Berhalusinasi

    Torie Natalova - 19 Februari 2019 18:07 WIB
    Insomnia Bikin Anda Berhalusinasi
    Sekitar 10 persen hasil studi cenderung menunjukkan mereka yang insomnia berisiko lebih tinggi mengalami skizofrenia atau gangguan mental termasuk berhalusinasi. (Foto Ilustrasi: Megan Te Boekhorst/Unsplash.com)



    Jakarta: Tidak bisa tidur malam tepat waktu atau sering disebut insomnia, tak hanya mengganggu aktivitas pada keesokan hari, tapi juga memengaruhi kinerja tubuh Anda. Selain itu, insomnia dapat memiliki dampak besar pada kesehatan mental.

    Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, orang yang secara alami bangun pagi berisiko lebih kecil mengalami masalah kesehatan mental, daripada mereka yang tidur larut malam.

     



    Studi menggunakan data dari 25 ribu peserta penelitian. Mereka terbagi dalam dua kelompok yakni tidur malam tepat waktu dan yang susah tidur. Hasilnya, ditemukan hubungan sebab akibat yang jelas antara insomnia dan lebih rentan terhadap depresi, kecemasan dan skizofrenia.

    Baca juga: Manfaat Tidur bagi Tubuh Anda

    Bahkan, sekitar 10 persen hasil studi cenderung menunjukkan mereka yang insomnia berisiko lebih tinggi mengalami skizofrenia. Ini adalah kondisi gangguan mental kronis dan parah yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir, berperilaku, dan merasa.

    Namun, peneliti tidak menemukan peningkatan risiko obesitas dan diabetes di antara mereka yang tidur larut malam. Mereka yang mengalami insomnia, harus melawan rasa kantuk mereka di tengah aktivitasnya. Ini bisa jadi memiliki konsekuensi negatif pada pola pikirnya.

    Untuk mengatasinya, psikolog Hope Bastine, menyarankan untuk mengidentifikasi kebutuhan tidur diri sendiri terlebih dulu. Coba dengan produktivitas dan kinerja Anda dan sesuaikan jadwal waktu Anda dengan hal tersebut.

    Temukan ritmenya, gaya hidup yang cocok dengan Anda, jadwal kegiatan. Itu akan membuat Anda selaras dengan diri sendiri. Terakhir, pastikan jadwal tidur tidak terganggu oleh hal apapun.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id