Manfaat Air Kelapa untuk Mengurangi Penyakit Penyerta pada Covid-19

    Raka Lestari - 30 Juli 2020 09:46 WIB
    Manfaat Air Kelapa untuk Mengurangi Penyakit Penyerta pada Covid-19
    Disarankan untuk memilih air kelapa hijau karena dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolestrol dan trigliserida. (Foto: Ilustrasi-Freepik)
    Jakarta: Penyakit penyerta (komorbid) merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh pasien yang terinfeksi covid-19. Beberapa penyakit penyerta yang berbahaya bagi pasien covid-19 di antaranya adalah hipertensi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

    Pasien yang mengidap penyakit-penyakit tersebut memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi. Tak hanya itu, mereka juga menunjukkan gejala yang lebih berat bila terinfeksi covid-19.

    “Penyakit komorbid adalah penyakit yang sudah ada lebih dulu dan biasanya bersifat kronis.
    Penyakit komorbid ini tidak langsung datang begitu saja, tetapi akan terus mengikuti kita kemanapun kita berada,” ujar DR Med, Dr. Maya Surjadjadja, M.Gizi, Sp.GK, FAAMFM (Specialized in Clinical Nutrition), dalam Webinar “Bahaya Penyakit Penyerta pada Pasien Covid-19” Sabtu, 11 Juli 2020.
     
    Kabar baiknya, dari sebuah penelitian ada cara untuk mengurangi risiko covid-19 bagi pasien penyakit komorbid. Salah satunya dengan cara mengonsumsi air kelapa hijau.

    Berdasarkan sebuah penelitian terhadap tikus, air kelapa hijau juga dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolestrol dan trigliserida. Tingkat kolestrol yang tinggi, dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan jantung yang pada akhirnya akan memperburuk kondisi seseorang jika terkena covid-19.

    “Ada juga penelitian lain terhadap tikus yang mengukur manfaat antioksidan dari air kelapa. Dan hasilnya adalah air kelapa dapat memperbaiki sensitivitas insulin dan dapat memberikan efek anti hipertensi,” ujar Dr. Maya.

    Dalam satu butir kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Seperti karbohidrat, serat, protein vitamin C, magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium. Air kelapa juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes, yang merupakan salah satu penyakit komorbid covid-19.

    Dokter Maya juga menyebut, lantaran kaya akan antioksidan, air kelapa dapat mencegah terjadinya stres oksidatif.

    “Dalam memilih air kelapa, usahakan memilih air kelapa muda dibandingkan air kelapa tua. Hal ini karena air kelapa muda memiliki sifat anti-inflamasi dalam tingkat yang potent. Sedangkan air kelapa tua hanya pada tingkat moderate," terangnya.

    Maksudnya adalah, air kelapa muda memiliki sifat anti-inflamasi yang lebih tinggi. Sedangkan air kelapa tua memiliki sifat anti-inflamasi dari sedang sampai rendah. Dalam mengonsumsi air kelapa muda, Dr. Maya menyarankan untuk mengonsumsinya sekitar 300mL sebanyak 2 kali setiap harinya.

    “Di Indonesia sendiri karena negara tropis, ada banyak kelapa hijau. Di sini kelapa hijau bisa dengan mudah ditemukan dengan harga yang cukup banyak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan,” tutur Dr. Maya.


    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id