Makanan yang Dapat Memperburuk Kondisi Flu

    Raka Lestari - 04 Maret 2020 07:06 WIB
    Makanan yang Dapat Memperburuk Kondisi Flu
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Beberapa jenis makanan, seperti sup ayam dan teh jahe dapat meringankan gejala flu yang Anda alami. Namun tidak hanya makanan yang dapat meringankan gejala flu, ada juga makanan-makanan yang justru bisa membuat flu Anda bertambah buruk.

    Untuk itu hindari jenis-jenis makanan tersebut jika Anda sedang mengalami gejala flu. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika Anda sedang mengalami flu:

    -Makanan manis

    "Asupan gula yang tinggi dapat menekan sistem kekebalan tubuh," kata Irvin Sulapas, MD, asisten profesor kedokteran olahraga di Departemen Family & Community Medicine di Baylor College of Medicine di Houston, TX.

    Peningkatan kadar gula berpotensi menghambat kerja sel darah putih yang melawan infeksi, jelas Dr Sulapas. Ditambah lagi, gula meningkatkan jumlah penanda peradangan yang disebut sitokin, yang dapat membuat peradangan dalam tubuh.

    -Karbohidrat sederhana

    Karbohidrat sederhana dipecah dengan cepat menjadi gula, memicu kenaikan gula darah yang sama seperti minuman manis dan makanan ringan, dengan efek inflamasi yang sama.

    “Namun memang tidak semua jenis karbohidrat buruk,” tambahnya. "Karbohidrat yang rendah dalam indeks glikemik seperti roti gandum, gandum utuh, atau apa pun yang berserat tinggi dapat mengurangi peradangan," menurut Dr Sulapas.

    -Alkohol

    Seperti gula, alkohol menyebabkan peradangan dan melemahkan sel darah putih. Alkohol juga memiliki efek whammy ganda yang berkontribusi terhadap dehidrasi.

    “Hidrasi sangat penting ketika Anda sakit karena membantu ginjal melakukan tugasnya menyaring limbah dari tubuh Anda, sehingga Anda dapat pulih lebih cepat,” kata Dr Sulapas.

    -Makanan berlemak

    Ketika seseorang melawan gejala pilek, nafsu makan turun, dan makanan berminyak cenderung membuat Anda merasa lebih buruk, karena dapat meningkatkan peradangan.

    "Ketika Anda sakit dan tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa makan makanan berminyak mungkin bukan ide yang baik, maka itu mungkin bukan ide yang baikperadangan," terang Dr. Sulapas.

    -Buah yang asam

    Buah-buahan yang memiliki rasa asam mungkin menjadi pilihan ketika Anda sedang flu karena kandungan vitamin C di dalamnya. Namun buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, atau grapefruit dapat mengiritasi lapisan dinding perut Anda dan memperburuk sakit perut.

    Dr Sulapas menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C yang dijual bebas yang tidak menimbulkan risiko sakit perut.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id