Mengenal Mobile Labs Test PCR Covid-19 Berstandar BSL-2

    A. Firdaus - 26 Juni 2020 22:25 WIB
    Mengenal Mobile Labs Test PCR Covid-19 Berstandar BSL-2
    Ilustrasi-AFP
    Jakarta: Belakangan tes cepat Covid-19 yang bersifat fleksibel seperti mobile lab menjadi sesuatu yang dibutuhkan. Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo pernah mengatakan, memperbanyak mobile lab adalah langkah tepat.

    Pada Kamis 25 Juni kemarin, Human Initiative bersama dengan NAMA Foundation, Labkesda DKI Jakarta dan Ai-Labs meresmikan kerja sama pengoperasian Mobile Labs PCR Test Covid-19. Rencananya akan ada tiga unit yang disiapkan untuk digunakan di area DKI Jakarta.

    Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati berharap dengan adanya mobile labs ini bisa membantu dan mempermudah pekerjaan para tenaga medis. Serta, bisa memfasilitasi mereka untuk bekerja lebih aman dan nyaman serta fasilitas kesehatan yang memadai.

    "Semoga, ini bisa berguna untuk mereka dan pandemi ini dapat segera teratasi,” sambung Tomy di Balaikota, Jakarta.

    Mengenal Mobile Labs Test PCR Covid-19 Berstandar BSL-2
    Gubernur Anies Baswedan saat menerima Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati dalam kick off Mobile Labs for Covid-19 PCR Test. (Foto: Dok. HI)

    Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan apresiasi kolaborasi yang telah dilakukan oleh Human Initiative, NAMA Foundation, dan Ai-Labs.

    “Terima kasih atas kolaborasinya dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Jakarta. Kita berharap semoga semua prosesnya bisa berjalan dengan baik dan lancar," terang Anies.

    Lalu seperti apa Mobile Labs itu? Berikut beberapa fakta Mobile Labs PCR Test Covid-19:

    1. Karya anak bangsa

    Mobile labs PCR test Covid-19 merupakan alat inovasi di mana ide dan desainnya dikembangkan oleh Ai-Labs. Karoserinya sendiri berada di Cikupa, Tangerang.

    2. Standar BSL-2

    Laboraturium bergerak ini berstandar Biosafety Laboratory Level (BSL) 2 untuk penanganan covid-19 yang telah direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

    3. Hasil tes cepat

    Menggunakan Polymerase Chain Reaction Test (PCR), hasil tes yang dikeluarkan lebih cepat dan mempermudah para tenaga kesehatan dalam melakukan tes pengecekan covid-19. Setidaknya untuk pengecekan di mobile labs ini, bisa melakukan pengetesan hingga 96 pasien per harinya.

    4. Bisa ke mana saja

    Tentunya alat ini beroperasi secara mobile. Sehingga bisa berpindah-pindah ke tempat yang membutuhkan hasil tes. Khususnya di daerah-daerah zona merah dengan waktu yang relatif cepat.

    5. Tetap berfungsi

    Setelah pandemi covid-19 mereda, mobile labs ini juga masih bisa beroperasi untuk kebutuhan laboratorium lainnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id