Bolehkah Ibu Terinfeksi Covid-19 Memberi ASI?

    Raka Lestari - 21 Juni 2020 12:54 WIB
    Bolehkah Ibu Terinfeksi Covid-19 Memberi ASI?
    Bolehkan ibu yang positif covid-19 memberikan ASI pada bayinya? Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Sejauh ini, virus korona memang tidak ditemukan pada air susu ibu (ASI). Ini berarti seorang ibu yang positif terinfeksi covid-19 bisa aman memberikan ASI mereka kepada bayinya dengan beberapa perhatian khusus, menurut World Health Organization (WHO).

    "ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi, termasuk bayi yang ibunya dikonfirmasi atau diduga terinfeksi,” tulis WHO, dikutip dari Romper. WHO juga menyebutkan bahwa seseorang ibu yang terinfeksi covid-19 bisa tetap menyusui bayinya sambil melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

    WHO juga menegaskan bahwa ASI dapat memenuhi kebutuhkan bayi dengan manfaat kesehatan dan manfaat bagi tumbuh kembang bayi. Termasuk juga dapat membantu menangkal penyakit pernapasan seperti covid-19.

    Menurut WHO, ASI mengandung antibodi dan manfaat imunologis lainnya yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit pernapasan. 

    “Ada banyak bukti mendukung pentingnya menyusui untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan anak, serta untuk membantu mereka menghindari obesitas dan penyakit tidak menular di kemudian hari.”

    WHO juga mencatat bahwa dari penelitian yang berpusat pada sampel ASI dari pasien yang terinfeksi covid-19, belum ada bukti yang menemukan virus pada sampel ASI yang diteliti. 

    Para peneliti dan beberapa organisasi kesehatan percaya bahwa risiko utama penularan covid-19 pada bayi tampaknya berasal dari saluran pernapasan pada ibu yang terinfeksi.

    Agar tetap aman, WHO memberikan beberapa pedoman yang bisa dilakukan oleh ibu yang positif terinfeksi covid-19. Beberapa pedomannya adalah seperti berikut:

    - Gunakan masker dan pelindung wajah ketika sedang memberikan ASI.
    - Selalu mencuci tangan dengan air setidaknya selama 20 detik sebelum dan setelah menyentuh bayi Anda.
    - Secara rutin membersihkan dan mendisinfektan permukaan-permukaan benda yang Anda sentuh, terutama benda yang paling sering disentuh juga oleh anak-anak.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id