Cara Membedakan Gonore dengan Keputihan pada Wanita

    Raka Lestari - 06 Agustus 2020 18:08 WIB
    Cara Membedakan Gonore dengan Keputihan pada Wanita
    Untuk mengetahui apakah seorang mengalami GO atau tidak, sebaiknya tidak hanya dinilai secara fisik tetapi juga harus diikuti pemeriksaan fisik lainnya. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kencing nanah atau gonore (GO) adalah salah satu jenis penyakit menular seksual. Pada wanita, gejala dari penyakit ini biasanya terjadi secara asimptomatik atau tanpa gejala. Sehingga terkadang membuat wanita tidak menyadari bahwa dirinya terkena infeksi gonore tersebut. 

    “Terdapat perbedaan gejala klinis pada infeksi GO antara pria (simptomatik) dengan wanita (asimptomatik). Pada pria, biasanya ditemukan gejala duh/secret yang keluar dari lubang genital dan rasa nyeri saat berkemih. Sedangkan pada wanita hampir semua bersifat tanpa gejala (asimptomatik), kecuali pada infeksi yang sangat berat atau lanjut,” ujar dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, CEO Klinik Pramudia dalam Virtual Media Briefing “Mungkinkah Gonore Bisa Sembuh?”, Rabu, 5 Agustus 2020.

    Salah satu gejala yang dialami ketika seorang wanita terinfeksi gonore adalah keluarnya cairan dari vagina. Gejala tersebut cukup mirip dengan keputihan yang merupakan salah satu keluhan umum yang dialami oleh wanita. 

    “Pada umumnya keputihan terjadi karena adanya infeksi jamur. Dan untuk tekstur antara keputihan dan gonore tentu berbeda. Kalau gonore biasanya cairan akan lebih kental dan seperti ingus. Pada gonore juga biasanya berwarna putih kehijauan, kadang ada sedikit kekuningan dan tekstur seperti susu basi,” ujar dr. Anthony. 

    Ia juga menambahkan bahwa untuk mengetahui apakah seorang mengalami GO atau tidak, sebaiknya tidak hanya dinilai secara fisik tetapi juga harus diikuti pemeriksaan fisik lainnya. “Apakah vagina luarnya ada kemeraha atau gatal tidak? Kemudian juga perhatian riwayat seksualnya. Jadi tidak selalu dari tekstur cairan yang keluar dari vagina,” kata dr. Anthony. 

    Gejala infeksi gonore ini pada awalnya memang tidak terbentuk dengan jelas. Gejalanya seperti infeksi jamur vagina pada umumnya, sehingga beberapa perempuan salah menebak infeksi yang diidapnya. Namun ada beberapa gejala infeksi gonore yang bisa diperhatikan seperti berikut:

    - Keluar cairan dari vagina (berair, menyerupai krim, sedikit kehijauan) 
    - Ketika buang air kecil, adanya sensasi nyeri dan rasa panas 
    - Frekuensi buang air kecil yang cukup sering 
    - Munculnya bercak darah atau perdarahan saat tidak sedang menstruasi 
    - Rasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual 
    - Rasa nyeri juga dirasakan pada perut bagian bawah atau nyeri panggul 
    - Bengkak pada vulva 
    - Rasa terbakar atau panas di tenggorokan (ketika sudah melakukan oral seks) 
    - Demam 



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id