Pentingnya Mempertahankan Pola Hidup Bersih Sehat setelah Pandemi

    Raka Lestari - 19 Mei 2020 12:15 WIB
    Pentingnya Mempertahankan Pola Hidup Bersih Sehat setelah Pandemi
    Ilustrasi-Unsplash
    Jakarta: Pandemi covid-19 ini membuat masyarakat mau tidak mau harus menjalankan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan menjadikan hal tersebut sebagai #newnormal. Akan tetapi ke depannya meskipun pandemi ini sudah berakhir diharapkan masyarakat bisa tetap menjalankan PHBS tersebut dalam kesehariannya.

    Menurut dr. Sandi Perutama Gani - Medical Expert Combiphar, sebuah survei memaparkan, terdapat 73 persen responden khawatir akan kemungkinan penyebaran penyakit. Termasuk khawatir akan covid-19 jika suatu saat masyarakat kembali ke rutinitas kerja.

    Potensi penyebaran penyakit, menurut dr. Sandi, dapat terjadi lewat tangan. Sebab tanpa disadari kita sering bersentuhan dengan virus dan bakteri yang terdapat di permukaan benda.

    “Ketika tangan terkontaminasi oleh bakteri dan virus, patogen ini dapat masuk ke dalam tubuh atau berpindah dari satu orang ke orang lain untuk menyebabkan penyakit. Selain covid-19, diare dan Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA), adalah dua penyakit utama yang dapat ditularkan melalui tangan,” ujar dr. Sandi dalam virtual media briefing Championing a Healthy Tomorrow by Combiphar, Selasa, 19 Mei 2020.

    “Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu langkah yang paling penting dan harus kita terapkan sebagai #newnormal dalam perilaku hidup bersih sehat. Hal ini untuk menghindari diri terjangkit penyakit dan menyebarkannya kepada orang lain. Tidak hanya ketika pandemi berakhir namun untuk seterusnya. Apalagi ketika kita tidak bisa menghindar dari menyentuh benda-benda di sekitar kita,” tambah dr. Sandi.

    Agar dapat tetap aman selama beraktivitas di luar rumah, upayakan Anda menerapkan tips dari dr. Sandi berikut ini:

    -Disiplinkan diri dengan menanamkan pesan, 'memutus mata rantai penyebaran covis-19 jauh lebih baik daripada menjadi penyebar wabah'. Dengan demikian diharapkan muncul keinginan untuk konsisten menerapkan pola hidup bersih sehat.
    -Tetap waspada menjaga jarak dan hindari berkerumun.
    -Rutin cuci tangan dengan sabun dalam air mengalir. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand-sanitizer berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan dengan menuangkan cairan hingga memenuhi telapak tangan, gosok dan tunggu sampai mengering.
    -Untuk kepraktisan, siapkan selalu hand sanitizer di dalam tas. Pilih hand sanitizer yang dapat melembutkan kulit bukan malah membuat kulit jadi kering.
    -Gunakan masker berbahan kain.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id