Fungsi Facepiece Respirator dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

    Raka Lestari - 02 April 2020 14:06 WIB
    Fungsi Facepiece Respirator dalam Mencegah Penyebaran Covid-19
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Facepiece respirator merupakan salah satu jenis masker yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Jenis masker yang cukup banyak dikenal di antaranya adalah masker bedah, masker N95, dan masker kain.

    Meskipun begitu, ternyata facepiece respirator memiliki fungsi yang efektif. Yaitu mampu mencegah masuknya partikel-partikel virus masuk ke dalam mulut.

    “Masker jenis facepiece respirator ini biasanya digunakan oleh para pekerja yang memiliki risiko tinggi terkena atau terpapar gas-gas berbahaya. Masker ini biasanya dipakai di industri,” ujar dr. Erlina Burhan, Sp.P(K), M.Sc, pH.D, dokter spesialis paru RS Umum Pusat Persahabatan, pada Konferensi pers dari kantor Graha BNPB, Rabu, 1 April 2020.

    Menurut dr. Erlina, facepiece respirator ini mempunyai efek perlindungan terhadap droplets maupun aerosol atau airborne. Tetapi memang seringnya digunakan untuk keperluan industri.

    “Efektivitas masker jenis ini bisamemfiltrasi 0,1 mikron sampai di atas 99 persen atau nyaris 100 persen,” ujar dr. Erlina.

    “Untuk masker jenis ini biasanya tidak ada kebocoran dan dapat dipakai secara berulang tetapi tentu saja harus dibersihkan dengan disinfektan secara benar,” tambah dr. Erlina.

    Dalam menggunakan masker secara benar, dr. Erlina menyarankan agar masker menutupi bagian hidung dan mulut.

    “Bagian bawah harus menutupi bagian dagu, ditarik dan bagian atas ditekan. Pada masker bedah biasanya terdapat kawat elastis yang harus ditekan mengikuti bentuk hidung agar sesedikit mungkin celah yang ada," terangnya.

    Selain menggunakan masker, melepaskan masker juga ada cara yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan memegang talinya, jangan pegang maskernya.

    "Dan jangan lupa, jangan merasa aman meskipun sudah memakai masker. Setelah melepaskan masker, tetap harus mencuci tangan,” ujar dr. Erlina.

    "Tidak semua orang perlu menggunakan masker. Mereka yang perlu menggunakan masker adalah orang yang sakit, orang yang batuk pilek, orang yang merawat orang sakit, orang yang bepergian atau orang yang berada di kerumunan,” tutupnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id