Gigi Bayi Tidak Bisa Berlubang?

    Kumara Anggita - 13 September 2020 12:00 WIB
    Gigi Bayi Tidak Bisa Berlubang?
    Gigi bayi akan berubah. Jadi, bolehkah mengabai kesehatannya dan benarkah gigi bayi tidak akan bolong? Berikut selengkapnya. (Foto: Dok. Deedee Geli/Unsplash.com)
    Jakarta: Salah satu pernyataan yang sering terdengar di kalangan orang tua adalah tentang gigi bayi yang tidak bisa berlubang. Hal ini membuat beberapa orang tua jadi lebih longgar dalam menjaga kesehatan mulut sang bayi.

    Namun apakah benar gigi bayi sekuat itu sampai tidak bisa berlubang? Dokter Gigi, Dita Firdiana menjelaskan bahwa gigi bayi tidak bisa berlubang adalah mitos. Gigi bayi bisa berlubang.

    “Ini mirip-mirip sama mitos vs fakta yang pertama tadi yaitu gigi susu tidak penting. Ada mom yang berpendapat, gigi susu atau gigi bayi tidak bisa berlubang. Mom yang anaknya lebih dari satu pasti bisa menjawab ya bahwa gigi susu pastinya bisa berlubang,” ungkapnya dalam Rompi di Orami Parenting dengan "Tema Mitos vs Fakta Seputar Gigi pada Anak."

    Bahkan drg. Dita menjelaskan bahwa gigi susu sendiri lebih mudah berlubang mengingat email gigi tersebut lebih tipis.

    “Apalagi email gigi susu lebih tipis daripada gigi tetap, dan anak kadang masih menyusu sambil bobo walaupun sebelumnya sudah sikat gigi. Hal-hal tersebut tentunya bisa memicu timbulnya lubang pada gigi anak,” jelasnya.

    Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan mulut bayi. Ini bisa dilakukan dengan sikat gigi, membersihkan gusi, lidah, pipi dalamnya.

    “Gimana menjaganya? Dengan cara membersihkan gusi, lidah, pipi bagian dalam bayi kita. Bisa menggunakan kasa atau waslap atau alat khusus yang dibasahi air matang,” lanjutnya.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id