Kontak Ortokeratologi untuk Bantu Mata Minus

    Kumara Anggita - 01 November 2019 11:00 WIB
    Kontak Ortokeratologi untuk Bantu Mata Minus
    Ada cara untuk menghambat mata minus. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Ahli Bedah dan Reaktif Mata dari RSCM Kirana, dokter Tri Rahayu mengungkapkan bahwa minus tidak bisa diturunkan dengan makanan, latihan, atau kacamata. Namun ada cara untuk menghambatnya yaitu dengan menggunakan obat tetes tertentu dan lensa kontak Ortokeratologi.

    "Secara medis ada beberapa yang bisa menghambat minusnya antara lain menggunakan obat tetes tertentu. Dan menggunakan lensa kontak desain khusus yang digunakan untuk malam hari yang mengubah kontur kornea sehingga menyebabkan terbentuknya bayangan di retina sedemikian rupa sehingga mengurangi sinyal pertambahan pada bola mata," paparnya.

    "Fungsi ini ada dua yaitu membebaskan orang yang berkacamata menjadi pagi hinga sore tak perlu pakai dan menghambat minus," lanjutnya.

    Lebih lanjut, dr. Tri menjelaskan bahwa lensa ini bekerja membentuk kornea menjadi datar secara perlahan. Proses ini bisa mengurangi Peripheral Defocus (hilangnya fokus di pinggir retina akibat minus) sehingga mencegah pemanjangan bola mata.

    Kontak Ortokeratologi untuk Bantu Mata Minus
    (Ahli Bedah dan Reaktif Mata dari RSCM Kirana, dokter Tri Rahayu mengungkapkan bahwa minus tidak bisa diturunkan dengan makanan, latihan, atau kacamata. Namun ada cara untuk menghambatnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    "Ortokeratologi itu lensa kontak keras dengan desain khusus dengan cara kerja mendatarkan kornea di bagian tengah tetapi menyisakan kornea sedikit mancung di bagian pinggirnya," ungkap dr. Tri.

    "Secara medis mengurangi keadaan dari Peripheral Defocus dimana teori Peripheral Defocus bisa menyebabkan terjadi pemanjangan bola mata karena bagian pinggir dari cahaya yang masuk di belakang retina. Itu menyebabkan penambahan panjang bola mata," jelasnya.

    "Istilahnya jerapah lehernya panjang untuk mencapai yang tinggi. Kalau mata fokusnya terjadinya di belakang retina maka dia akan memanjangkan matanya agar melihat lebih jelas dan bertambah panjang bola mata artinya bertambah minus," lanjutnya.

    Lensa ini perlu diganti setiap dua tahun. Anda bisa mendapatkannya dengan mendatangi dokter mata khusus yang menangani tentan lensa kontak.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id