Masalah Tidur Ibu Hamil di Trimester Satu

    Yatin Suleha - 14 Oktober 2019 06:00 WIB
    Masalah Tidur Ibu Hamil di Trimester Satu
    Pada trimester satu, janin menekan kandung kemih sehingga menimbulkan rasa ingin buang air kecil secara konstan. (Foto: Drew Hays/Unsplash.com)
    Jakarta: Saat mengandung, banyak hal yang terjadi pada diri ibu hamil. Ini karena saat hamil wanita mengalami ketidakseimbangan hormon yang membuatnya mengalami banyak pengalaman. 

    Mulai dari rasa mengantuk, rasa sering buang air kecil secara terus-menerus, dada terasa tertekan dan masih banyak lagi yang lainnya. Kenali yuk apa saja masalah tidur ibu hamil tiap trimesternya dan bagaimana cara mengatasinya.

    Masalah tidur ibu hamil di trimester satu 

    Menurut dr. Cindy Rani Wirasti, SpOG, K-FER, bulan ke-satu, dua dan tiga, hampir semua wanita mengalami apa yang disebut sebagai “trouble sleeping” walau tidak semua ibu hamil mengalami gangguan yang sama dalam tidurnya. 

    Hanya orang-orang tertentu yang sensitif terhadap progesteron sehingga lebih mengalami gangguan saat hamil. Gangguan pertama yang dirasakan ibu hamil adalah sakit kepala karena progesteron meningkat sehingga sulit tidur nyenyak. 

    Hal ini karena menurut dr. Cindy, pembuluh darah mengalami pelebaran-pelebaran sehingga tekanan darah yang mengalir ke otak menjadi kurang, yang secara otomatis membuat sakit kepala dan kemudian sulit tidur. 

    Selain rasa tersebut, maka rasa ingin buang air kecil secara konstan pun terasa dan cukup mengganggu tidur nyenyak ibu hamil. Merasa gelisah serta rewel karena ketidakseimbangan hormon dan perubahan pembuluh darah. Sebaiknya juga diatasi dengan tidur.

    Masalah Tidur Ibu Hamil di Trimester Satu
    (Pada trimester satu, janin menekan kandung kemih sehingga menimbulkan rasa ingin buang air kecil secara konstan. Selain itu, mudah merasa lelah dan lemas pada tubuh. Foto: Kalea Jerielle/Unsplash.com)

    Cara mengatasi masalah tidur di trimester satu:

    - Minum yang banyak bisa dilakukan pada pagi dan sing hari. Ketika menjelang tidur, sebaiknya ibu hamil kurangi asupan minum sehingga mengurangi rasa ingin buang air kecil pada saat tidur.
    - Rasa sakit kepala sebaiknya diatasi dengan tidur, karena hal ini diakibatkan adanya ketidakseimbangan pembuluh darah serta ketidakseimbangan rangsangan saraf simpatis dan parasimpatis. Hal tersebutlah yang menyebabkan rasa kantuk juga sakit kepala.
    - Pada wanita karier atau bekerja, sebaiknya tidur sedapat mungkin dan sesering mungkin ketika dirasa kantuk. Hindari melawan rasa kantuk yang secara alamiah terjadi pada ibu hamil karena hal ini dapat menyebabkan sakit kepala dan berkahir pada sulitnya tidur nyenyak. 

    Yang terjadi di trimester satu

    - Pada trimester satu, janin menekan kandung kemih sehingga menimbulkan rasa ingin buang air kecil secara konstan.
    - Mudah merasa lelah dan lemas pada tubuh.
    - Payudara mulai terasa kencang dan terasa mual (eneg), biasa disebut ngidam.
    - Liur terasa banyak dan lebih cair.
    - Terasa cepat haus.
    - Pinggir perut terasa agak sakit karena tarikan dari rahim yang mulai membesar.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id