Manfaat Kedelai bagi Tubuh Anda

    Raka Lestari - 20 Agustus 2019 12:12 WIB
    Manfaat Kedelai bagi Tubuh Anda
    Mengonsumsi kacang kedelai secara rutin dapat mengurangi tekanan darah tinggi. (Foto: Pexels.com)
    Tubuh kita tidak memproduksi asam amino esensial, padahal ada banyak manfaat dari asam amino esensial. Kita bisa mendapatkan Asam amino esensial dari makanan. Seperti tempe dan tahu.

     
    Jakarta: Kacang kedelai merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Ada banyak makanan yang terbuat dari kacang kedelai, seperti edamame, tahu, tempe yang memiliki kandungan sembilan asam amino esensial.

    Namun karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam amino esensial tersebut, Anda perlu mendapatkannya dari sumber makanan. Dan kacang kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang baik dan kaya akan asam amino esensial.

    Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari kacang kedelai bagi tubuh Anda, seperti dikutip Reader's Digest:

    Membantu menjaga kolestrol

    "Mengonsumsi kacang kedelai secara rutin dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan dapat mengurangi kolestrol jahat," ," jelas Pamela Fergusson, RD, PhD, ahli diet dari British Columbia

    "Kami percaya bahwa makanan kaya akan protein seperti kacang kedelai sangat berguna, meskipun memang pengaruhnya tidak terlalu besar," tambah David Jenkins, MD, PhD, profesor ilmu gizi di University of Toronto.

    Dia menambahkan, meskipun pengaruhnya kecil, Anda tidak boleh mengabaikan manfaat kedelai. "Sebaliknya, Anda bisa menambahkannya dalam makanan Anda," paparnya.

    Baik untuk kesehatan jantung

    Cathy Leman, RD, seorang ahli diet dan pelatih pribadi di Glen Ellyn, mengatakan kedelai utuh mengandung serat, lemak jenuh yang rendah dan tidak mengandung kolestrol. "Makanan yang berbahan dasar kedelai bisa menggantikan makanan yang kurang baik bagi kesehatan jantung Anda, seperti daging merah dan yang diproses," ucapnya.

    Dalam jumlah moderat, tidak dapat menyebabkan kanker

    "Asupan kedelai  yang moderat, yaitu dua hingga tiga porsi per hari, aman dan tidak meningkatkan risiko kanker payudara," kata Fergusson.

    Bahkan, beberapa penelitian kedelai spesifik menunjukkan penurunan risiko kanker payudara. Makan kedelai juga bisa bermanfaat bagi tingkat inflamasi.

    Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 wanita Cina di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, asupan kedelai yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat penanda peradangan yang lebih rendah yang terkait dengan penyakit kronis.

    Kedelai dapat mencegah kekambuhan kanker

    Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, yang meneliti sekitar 9.500 orang yang selamat dari kanker payudara AS dan China, ditemukan bahwa mengonsumsi makanan kedelai dengan sedikitnya 10 miligram isoflavon setiap hari dihubungkan dengan penurunan risiko kanker payudara yang secara signifikan berkurang.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id