Hal yang Harus Dihindari bagi Penderita Rosacea

    Raka Lestari - 27 November 2019 11:04 WIB
    Hal yang Harus Dihindari bagi Penderita Rosacea
    Rosacea merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada kulit. (Ilustrasi/Pexels.com)
    Jakarta: Rosacea merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada kulit. Kondisi ini ditandai dengan pembuluh darah yang terlihat (seringkali pembuluh kapiler yang membesar), kemerahan, dan terjadi benjolan seperti jerawat yang cukup mengganggu.

    Biasanya terlihat pada area pipi, hidung, dagu, dan dahi. Rutinitas perawatan pada kulit yang mengalami rosacea dianggap dapat membantu mengatasinya.

    Dan berikut ini adalah perawatan kulit yang bisa dilakukan untuk Anda yang mengalami rosacea, seperti dilansir healthy.

    Jauhi pemicunya

    Stres, panas, minuman panas, alkohol, dan bebera[a jenis makanan adalah pemicu rosacea yang paling umum. “Namun terkadang penyebabnya berbeda-beda pada setiap orang,” ujar Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis dan asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York.

    "Rosacea adalah suatu kondisi di mana kulit hipersensitif terhadap lingkungan, dan bereaksi berlebihan terhadap pemicu yang seharusnya tidak mengganggu kulit," katanya.

    Hindari pembersih yang terlalu kering

    Zeichner memperingatkan, pembersih dan scrub yang terlalu keras akan menghilangkang minyak alami kulit yang menyebabkan kekeringan dan peradangan. “Ini dapat menyebabkan timbulnya rosacea,”katanya.

    “Usahakan untuk menggunakan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran dan minyak tanpa merusak skin barrier.” Cuci wajah Anda dua kali sehari dengan air hangat dan pembersih non-sabun, dan keringkan wajah Anda dengan handuk.

    Mandi dengan cermat

    “Kita mungkin menyukai berlama-lama mandi dengan air panas, namun kulit kita tidak,” ujar Dr Zeichner.

    “Paparan berlebihan terhadap air, terutama air panas dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alami dan menyebabkan kekeringan, iritasi dan munculnya rosacea.” Sebaliknya, usahakan untuk mandi dalam waktu yang sebentar yaitu sekitar 10 menit atau kurang.

    Pelembap

    “Jika Anda mengalami rosacea, gunakan pelembap yang lembut, bebas pengharum, dan tidak mengandung bahan anti penuaan untuk kulit,” kata Dr Zeichner. Carilah bahan-bahan seperti petrolatum atau ceramide yang dimurnikan.

    Selalu oleskan pelembap pada kulit lembab untuk mengunci kelembaban, tambah Adam Friedman, MD, profesor dermatologi di The George Washington School of Medicine & Health Sciences.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id