Tips Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

    Raka Lestari - 23 Januari 2020 06:04 WIB
    Tips Meningkatkan Ketajaman Penglihatan
    Banyak orang menganggap untuk menjaga kesehatan mata cukup dengan sering mengonsumsi wortel. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Mata adalah salah satu bagian vital yang ada pada tubuh Anda. Selain itu, otak Anda juga menerima banyak input dari mata dibandingkan indera tubuh lainnya.

    Mata memasok setengah dari total informasi dalam pikiran sadar Anda. Sehingga melindungi mata Anda sangatlah penting karena memiliki peran yang sangat penting.

    Banyak orang menganggap untuk menjaga kesehatan mata cukup dengan sering mengonsumsi wortel. Tetapi masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar penglihatan Anda sehat. Berikut cara agar penglihatan Anda sehat seperti dimuat thehealthy:

    Perhatikan make up mata 

    Make up yang digunakan pada mata seperti maskara, eye shadow, dan lainnya bisa mengandung kuman yang akhirnya dapat menyebabkan infeksi mata.

    "Buang make up mata Anda setiap tiga bulan sekali. Jika make up berbau, maka kemungkinan bakteri telah tumbuh dan berkembang dalam wadah dan yang terbaik adalah dengan tidak menggunakannya," ujar Benjamin Bert, MD, dokter mata di MemorialCare Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California.

    Mengonsumsi makanan berwarna kuning cerah

    Kuning telur dan beragam sayuran oranye atau kuning, termasuk wortel dan labu, merupakan sumber zeaxanthin dan lutein yang baik.

    “Penting untuk makan makanan yang mengandung buah-buahan dan sayuran dari semua warna, mulai dari sayuran berdaun hijau gelap, seperti kangkung, hingga makanan oranye/ kuning, seperti labu dan paprika oranye,” kata Dr Bert.

    Bermain di luar ruangan 

    Gaya hidup di dalam ruangan dapat memiliki efek negatif pada penglihatan anak-anak, yang mengarah pada peningkatan risiko miopia (rabun jauh). "Gaya hidup yang selalu beraktivitas di dalam ruangan menyebabkan peningkatan kasus penderita rabun jauh. Meskipun sangat jarang, itu dapat berkembang menjadi miopia patologis atau degenerasi rabun dan menyebabkan hilangnya penglihatan,” ujar Dr Bert.

    Beristirahat sebentar ketika di depan layar computer

    menurut Dr Bert, jika Anda bekerja berjam-jam di depan layar komputer, ponsel atau televisi maka hal itu dapat meningkatkan peluang untuk menderita rabun jauh. Beristirahatlah sejenak secara teratur dari layar dan berjalan di sekitar kantor untuk melatih mata dan kaki Anda.

    Jika memungkinkan, bisa dengan mengganti tugas atau pekerjaan Anda sehingga dapat mengurangi jangka waktu yang dihabiskan di depan layar.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id