Jenis Sarapan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

    Kumara Anggita - 31 Mei 2019 07:05 WIB
    Jenis Sarapan yang Bisa Menurunkan Berat Badan
    Telur menjadi salah satu menu yang disarankan saat sarapan (Foto: Jenna Hamra/Pexels)
    Jakarta: Banyak orang yang melewatkan sarapan karena ingin mengurangi berat badan. Padahal sarapan merupakan kegiatan penting untuk memulai hari dan bahkan bisa membantu Anda diet Anda.

    Namun, tidak semua jenis sarapan bisa bantu diet Anda karena menurut para ahli diet, sarapan yang tidak sehat justru akan mengagalkan tujuan Anda. Jadilah orang yang cermat dalam memilah-milah sarapan Anda.
    Berikut makanan yang paling ampuh dan mengenyangkan untuk sarapan yang dilansir dari Reader Degest:

    Para ahli merekomendasikan memulai setiap hari dengan campuran protein, lemak, karbohidrat, serat, dan makanan anti-inflamasi yang sehat. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa satu sumber protein yang paling ideal untuk menurunkan berat badan adalah telur.

    Orang yang sarapan dengan telur menunjukkan penurunan berat badan, sebanyak 65 persen lebih selama delapan minggu. Penelitian lain menunjukkan bahwa telur dapat menstabilkan gula darah dan menekan rasa lapar juga.

    Untuk sarapan bernutrisi yang bergizi dan memuaskan, Alyssa Pike, RD, Manajer Komunikasi Nutrisi untuk International Food Information Council, mengatakan orang harus fokus pada makanan tinggi protein dan serat karena mereka dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

    Sementara Caroline Apovian, MD, direktur nutrisi dan manajemen berat badan di Boston Medical Center, menambahkan bahwa perasaan kenyang setelah sarapan membantu mengurangi makan terlalu banyak saat siang hari.

    Nyemil atau makan ketika Anda tidak lapar adalah salah satu dari alasan Anda mungkin tidak kehilangan berat badan.

    Selain penelitian tentang penurunan berat badan, menjadikan telur makanan pokok pada pagi hari merupakan ide bagus. Sebab telur adalah sumber protein yang memuaskan.

    Sedangkan menurut Dr. Apovian, dengan 180 kalori dari masing-masing dua telur dan tujuh gram protein dari telur merupakan hal yang bagus. Ini baik diimbangi dengan buah, yogurt, dan buah beri.

    Bahan-bahan tersebut adalah bahan pokok sarapan yang unggul. Belum lagi, telur mengandung vitamin seperti B12, riboflavin, selenium, dan vitamin A, kata Sollid.

    Makanan-makanan ini juga murah dan mudah disiapkan. Jika Anda takut bosan makan telur terus-menerus, Anda bisa memvariasikannya sesuai dengan keinginannya. Tapi perlu diingat, Anda harus membarenginya dengan makanan-makanan yang sehat dan sehat pula.

    Berikut tiga Menu dengan telur yang dapat Anda coba:

    Roti telur pedas
    Anda bisa mencoba makan telur pedas dengan roti. Pakailah sepotong roti gandum kering dengan dua telur rebus atau dan taburan cabai kering.

    “Makanan ini tidak hanya tinggi protein dan rendah karbohidrat tetapi juga tinggi serat.” kata ahli diet yang berbasis di Chicago Christine M. Palumbo, RDN, FAND.

    Telur panggang dalam alpukat
    Palumbo mengatakan untuk mengiris alpukat menjadi dua, lepaskan lubang, dan kemudian ambil sekitar 2 sendok makan daging untuk dibuat lubang yang lebih dalam. Lalu, pecahkan telur ke dalam setiap setengahnya.

    Panggang telur sekitar 15 hingga 20 menit. Beri garam, merica, dan daun bawang untuk makanan layak yang penuh dengan protein dan lemak kenyang. Ini adalah kombinasi nutrisi yang sempurna bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badan.

    Jika Anda secara aktif membatasi kalori Anda, Palumbo menyarankan menggunakan alpukat kecil dan membelah piring dengan seorang teman.

    Telur dadar sayuran dengan melon
    Anda dapat menambahkan bawang tumis, jamur, dan bayam atau melemparkan sayuran-sayuran apapun bekas makan malam. Pasangkan omlet tersebut dengan melon karena buah ini melembabkan, dan memiliki kadar air tinggi untuk membuat Anda merasa kenyang.

    Anda bisa mencampurkan tambahan-tambahan bahan lain sesuai dengan selera Anda dalam menu-menu ini. Intinya, nikmatilah sarapan yang sehat, bergizi, dan juga enak.

    Hobi Kuliner? Gak Perlu Takut Kolesterol




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id