• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Bahaya di Balik Shower Kamar Mandi Anda

Raka Lestari - 06 November 2018 13:22 wib
Cooperative Institute for Research In Environmental Sciences
Cooperative Institute for Research In Environmental Sciences (CIRES) di University of Colorado Boulder, meneliti jenis bakteri apa yang bersembunyi di pancuran air Anda. (Foto: Laura Marques/Unsplash.com)

Jakarta: Bakteri bisa terdapat di mana saja, bahkan di tempat-tempat atau hal-hal yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan.

Salah satunya adalah shower atau pancuran air yang biasa Anda gunakan ketika mandi yang mungkin selama ini tidak Anda sangka-sangka. Dan masih menurut penelitian terbaru, bakteri dapat berkumpul di topi mandi Anda.

Dikutip dari Elite Daily, menurut studi yang dilakukan oleh Cooperative Institute for Research In Environmental Sciences (CIRES) di University of Colorado Boulder, penelitian baru ini bertujuan untuk menemukan jenis bakteri apa yang bersembunyi di pancuran air Anda.

Selain itu juga dipelajari tentang bagaimana bisa mereka berada di sana, dan bagaimana mereka dapat memengaruhi tubuh Anda juga.  

Para peneliti menganalisis DNA yang dikumpulkan dari 656 kamar mandi di rumah-rumah di Amerika Serikat dan di Eropa.

(Baca juga: Lensa Kontak Picu Peningkatan Bakteri dalam Mata)

Temuan mereka yang muncul di mBio, yaitu sebuah jurnal yang diterbitkan oleh American Society for Microbiology, menunjukkan bahwa sejumlah besar bakteri yang terkait dengan beberapa jenis infeksi paru-paru dapat berada di topi mandi Anda dari waktu ke waktu tanpa pembersihan dan pemeliharaan yang tepat.


(Dikutip dari Elite Daily, menurut studi yang dilakukan oleh Cooperative Institute for Research In Environmental Sciences (CIRES) di University of Colorado Boulder, meneliti jenis bakteri apa yang bersembunyi di pancuran air Anda. Foto: Valentine Lacoste/Unsplash.com)

Para peneliti juga menemukan bahwa pancuran air yang terbuat dari logam tampaknya lebih rentan untuk bakteri daripada yang plastik, sehingga Anda mungkin bisa mempertimbangkannya.

Namun, sebenarnya, apa yang akhirnya harus dilakukan adalah memastikan bahwa Anda tidak lupa membersihkan pancuran air di kamar mandi Anda tersebut.

Untuk pembersihan menyeluruh, Prevention menyarankan Anda membersihkan kepala pancuran mandi Anda dengan cuka selama satu jam dan menggosok lubang-lubang yang terdapat di dalamnya.

Penting untuk diingat bahwa secara keseluruhan orang-orang terkena bakteri setiap hari, mulai dari debu, udara, makanan, melalui kontak dengan orang lain, kontak dengan hewan peliharaan mereka, dan ruang kerja mereka, ujar Matthew Gebert, seorang peneliti teknisi di Laboratorium Fierer di CIRES.  

Dengan kata lain, hanya karena jenis bakteri tertentu mungkin bersembunyi di beberapa tempat di rumah Anda,  itu tidak berarti mereka benar-benar akan memengaruhi Anda.




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.