Cara Bedakan Air Kemasan Palsu dan Asli

    Kumara Anggita - 17 Oktober 2019 18:57 WIB
    Cara Bedakan Air Kemasan Palsu dan Asli
    Anda dapat mengenali air mineral yang tidak sejajar yaitu kodenya tidak sejajar. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Bogor: Melihat permintaan air mineral kemasan saat ini tinggi, banyak oknum-oknum yang suka memalsukan demi mendapatkan keuntungan. Buruknya, air mineral dalam kemasan tersebut tidak diolah dengan tepat sehingga merugikan kesehatan para konsumen.

    Bila Anda ingin membeli air mineral di jalan namun ragu karena takut palsu, sekarang Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa membedakannya dari botolnya.

    Berikut cara membedakan air mineral yang asli dan palsu. Anda bisa melihat di botol air mineral tertera cap tanggal kedaluwarsa dan waktu produksi. Cap tersebut sejajar lurus dengan cap tanggal kedaluwarsa yang juga ada di tutup botol.

    "Yang palsu kodenya tidak sejajar. Waktu produksi dan tanggal kedaluwarsanya juga sama," ujar Area Manager pada Medcom di Bogor, Rabu, 16 Oktober 2019 dalam acara Jelajah Kebaikan Aqua.

    Cara Bedakan Air Kemasan Palsu dan Asli
    (Salah satu cara membedakan mana yang asli dan yang palsu antara lain dengan safety ringnya dengan capnya. Jika capnya tidak sejajar bisa jadi air tersebut tidak asli. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    Selain itu, Anda juga dapat mengecek bagian safety ring yang berada pada bagian tutup botol. Pastikan safety ring air mineral yang Anda minum tertutup dengan rapat dan berbunyi saat diputar.

    "Sudah tidak baru kalau sudah ada celah di safety ring," lanjutnya.

    Produk Aqua yang asli tidak pernah memproteksi tutup botol dengan plastik. Ini dianggap sebagai pemborosan.

    "(Plastik di bagian tutup botol) tidak perlu karena sudah tak terkontamasi. Ujungnya end up di tempat sampah. Jadi kita tidak pakai," jelas Brand Marketing Manager Aqua, Jeffri Ricardo.

    Cara membedakan produk asli dan palsu juga berlaku pada Aqua galon.

    Pabrik Aqua telah menerapkan kegiatan operasional yang ramah lingkungan bernama Blue Operation Program. Aqua merapkannya di pabrik-pabrik untuk mendukung terciptanya ekonomi sirkular, sebuah siklus ekonomi baru bagi masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungan melalui Circular Carbon, Circular Packaging & Waste, dan Circular Water.

    Mereduksi penggunaan plastik seperti menggunakan safety ring saja tanpa bungkus plastik adalah salah satu cara untuk melestarikan lingkungan.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id