comscore

Tips Tangani Cedera Umum yang Biasa Terjadi pada Anak

Sunnaholomi Halakrispen - 11 Januari 2020 18:08 WIB
Tips Tangani Cedera Umum yang Biasa Terjadi pada Anak
Anak-anak aktif bergerak, terkadang tanpa peduli waktu. Namun, anak-anak rentan mengalami cedera. (Ilustrasi/pexels)
Jakarta: Anak-anak aktif bergerak, terkadang tanpa peduli waktu. Namun, anak-anak rentan mengalami cedera, seperti benjolan atau luka lainnya. Berikut tips aman menangani anak sesuai dengan cedera umum yang dialami mereka, seperti dilansir WebMD.

1. Luka, goresan, dan memar
Anak-anak gemar berlari, melompat, memanjat, dan jatuh. Banyak bagian yang rentan terluka, seperti tangan, siku, dan lutut. Anda dapat mengobati benjolan kecil dan memar tersebut di rumah.

Untuk luka dan goresan, bilas area dengan air mengalir sampai bersih. Anda bisa menggunakan sabun ringan. Oleskan beberapa salep antibiotik dan tutup dengan perban.
Selanjutnya, hubungi dokter jika lukanya besar, dalam, atau jika daerah itu menjadi merah dan bengkak, atau Anda melihat nanah yang merupakan tanda-tanda infeksi.

Untuk memar, tenangkan pembengkakan dengan kompres es yang dibungkus kain basah. Jika anak Anda kesulitan berjalan atau bergerak, atau pembengkakannya tidak turun, segera hubungi dokter.

2. Masalah punggung dan bahu

Jika anak Anda membawa ransel yang terlalu berat atau membawa tas dengan satu bahu, mereka bisa mengalami sakit punggung, leher, dan bahu, bersama dengan masalah postur tubuh. American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar anak-anak selalu menggunakan tas dengan dua tali bahu dan ransel tidak boleh memiliki berat lebih dari 10-20 persen dari berat badan anak. 
3. Serpihan

Anak-anak, terutama yang muda, menyentuh dan mengambil semua benda yang ada di sekitar mereka. Itu membuatnya mudah terkena potongan kayu, duri, dan puing-puing lainnya untuk masuk ke bawah kulit mereka.

Solusinya, gunakan jarum yang disterilkan dengan alkohol untuk menusuk kulit dengan lembut, lalu tarik keluar serpihan itu dengan pinset yang bersih. Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah sentuh daerah itu dengan selotip dan perhatikan apakah itu membantu mengeluarkannya. Setelah serpihan dikeluarkan, gunakan salep antibiotik untuk mencegahnya terinfeksi.
Tips Tangani Cedera Umum yang Biasa Terjadi pada Anak
(Ilustrasi/Pexels)

4. Strain dan keseleo

Sebagian besar anak-anak terlibat dalam beberapa jenis olahraga yang berat untuk tubuh mereka dan itu dapat menyebabkan otot, ligamen, dan tendon sobek. Pergelangan kaki adalah sendi yang paling sering terkilir.

Jika itu terjadi pada anak Anda, ia harus mengistirahatkannya. Oleskan es, bungkus dengan pas, dan pertahankan posisinya agar tetap tinggi. 

Obat pereda nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu. Hubungi dokter jika dia tidak bisa berjalan atau memindahkan area yang terluka. Itu bisa rusak dan dia mungkin perlu rontgen.

5. Patah tulang

Penyebab umum dari patah tulang ialah jatuh dari skateboard atau skuter, diatasi, atau tergelincir dari tiang panjat. Beberapa area akan membengkak dan menyakitkan untuk ditekan atau digerakkan. 

Sebaiknya, perhatikan anak Anda selama melakukan aktivitas fisik untuk segera menolongnya ketika terjatuh. Jika patah tulang terlanjur terjadi, segera konsultasikan ke dokter jika Anda dapat melihat tulang menembus kulit.



(YDH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id