Masala Bhangra, Manfaat Kardio dalam Tarian Rakyat India

    Anda Nurlaila - 26 Juli 2019 17:15 WIB
    Masala Bhangra, Manfaat Kardio dalam Tarian Rakyat India
    Masala Bhangra, sensasi latihan kardio yang berbeda dari biasanya. (Foto: Health)
    Masala Bhangra adalah salah satu tarian rakyat di India. Tarian ini memiliki manfaat Kardio yang membakar kalori, menguatkan jantung, serta meningkatkan kapasitas paru-paru.

    Jakarta: Bila ingin memiliki pengalaman bersentuhan dengan budaya baru Anda tidak harus  bepergian ke luar negeri. Banyak cara untuk merasakannya, termasuk saat latihan. Salah satunya adalah dengan lewat gerakan tari tradisional India, Masala Bhangra. Anda dapat menari ala selebritas Bollywood, sekaligus memeroleh manfaat bagi kebugaran dan kesehatan.

    Banyak studio kebugaran kini menawarkan kelas kardio yang terinspirasi dari tarian rakyat Punjabi itu. Seperti diberitakan Health, bagi yang tidak memiliki pengalaman dengan tarian India tidak perlu khawatir. Gerakan-gerakannya sangat mudah diikuti dan digunakan untuk mengekspresikan diri sendiri.

    Masala secara harfiah berarti "pedas" dalam bahasa Hindi. Jadi, semakin berani saat menari semakin baik.

    Latihan kardio dengan menari merupakan cara menyenangkan membakar kalori, menguatkan jantung, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Menggerakkan tubuh juga akan membantu Anda mengurangi kekakuan tubuh, meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas. Ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit sendi dan bahkan mengurangi rasa sakit pasca-latihan.

    Ahli kebugaran dan instruktur Masala Bhangra, Shalini Bhargava, pendiri dan pencipta JG's FitnessCentre di Mumbai, mengatakan tarian ini terinsipirasi tarian rakyat Punjabi, yang dimodifikasi dengan beberapa gerakan tarian Bollywood.  

    Masala Bhangra, Manfaat Kardio dalam Tarian Rakyat India
    Tarian ini kerap ditampilkan pada acara besar di India. (Foto: AFP)

    "Inilah yang menjadikan senam selama 45 menit hingga satu jam terasa lebih menyenangkan. Hasilnya adalah latihan kebugaran yang mengasyikkan, efektif, dan menyenangkan,” katanya seperti dikutip Indiatime.

    Gerakan-gerakan Masala Bhangra cocok dilakukan segala kelompok usia. Tidak hanya dipakai saat berolahraga, gerakan-gerakannya dapat digunakan dalam aktivitas lainnya. Seperti pesta  dengan beberapa adaptasi dan perubahan urutan koreografi.

    Masala Bhangra telah menjadi latihan kebugaran India yang diakui secara internasional selain yoga. Masala Bhangra memiliki semua manfaat kesehatan dan kebugaran.

    "Rencana kebugaran yang seimbang harus memasukkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan dan daya tahan otot, penguatan inti, fleksibilitas, dan keseimbangan," ungkap Bhargava.

    Jika ingin mencoba sensasi latihan kardio yang berbeda dari biasanya, Anda dapat mencoba bersenang-senang sambil berkeringat dengan Masala Bhangra.





    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id