Penelitian: Minum Teh Tingkatkan Kreativitas

    Sri Yanti Nainggolan - 19 Januari 2018 16:08 WIB
    Penelitian: Minum Teh Tingkatkan Kreativitas
    Dua bahan biologis, kafein dan theanine dalam teh memiliki efek menguntungkan pada perhatian yang merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi kognitif. (Foto: Matthew Henry/Unsplash,com)
    Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa minuman teh dapat meningkatkan kejernihan mental dan membantu pikiran fokus sehingga membuat Anda bisa lebih kreatif. 

    Para peneliti melihat bahwa kandungan kafein dan theanine dalam minuman tersebut dapat meningkatkan perhatian dan kewaspadaan. Mereka mengklaim bahwa efek tersebut muncul beberapa menit setelah meneguk minuman tersebut. 

    Studi yang dipublikasi dalam jurnal Food Quality and Preference tersebut meneliti 50 murid dengan rata-rata usia 23 tahun.

    Tim peneliti dari Peking University di Republik Rakyat Tiongkok tersebut memberi sebagian partisipan segelas teh hitam untuk diminum sementara setengah partisipan lainnya diberi segelas air sebelum melakukan kegiatan yang membutuhkan kemampuan kognitif dan kreatif. 

    Penelitian: Minum Teh Tingkatkan Kreativitas
    (Para peneliti melihat bahwa kandungan kafein dan theanine dalam minuman tersebut dapat meningkatkan perhatian dan kewaspadaan. Foto: Monika Grabko/Unsplash.com)

    Pada percobaan pertama, para partisipan diminta membuat konstruksi bangunan yang menarik dan kreatif. Kemudian, pada percobaan kedua, mereka diminta memberikan nama yang keren untuk restoran mie fiksional. Hasil karya mereka dinilai oleh orang-orang yang tak terlibat dalam penelitian. 

    (Baca juga: Studi: Teh Hangat Bantu Kurangi Risiko Glaukoma)

    Rata-rata nilai untuk peminum teh adalah 6,54 untuk kreasi dalam mendirikan bangunan, sementara mereka yang minum air mendapat nilai 6,03. 

    Pada percobaan kedua, kelompok peminum teh mendapat nilai 4,11 dan peminum air mendapat nilai 3,78. 

    Penemuan tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi teh meningkatkan kreativitas dalam kedua jenis teh. Meski demikian, mereka mencatat bahwa konsumsi dalam jumlah kecil tidak memberikan dampak yang sama dengan jangka panjang. 

    Penelitian: Minum Teh Tingkatkan Kreativitas
    (Dua bahan biologis, kafein dan theanine memiliki efek menguntungkan pada perhatian yang merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi kognitif. Foto: Monica Grabko/Unsplash.com)

    "Penelitian ini berkontribusi dalam mengetahui fungsi teh pada kreativitas dan menawarkan cara baru untuk menginvestigasi hubungan antara konsumsi makanan dan minuman dan peningkatan pada kognisi manusia," demikian menurut penelitian. 

    Dua bahan biologis, kafein dan theanine memiliki efek menguntungkan pada perhatian yang merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi kognitif.

    "Namun, jumlah bahan teh yang diasup partisipan kita cenderung kecil. Selain itu, theanine juga lebih terlihat manfaatnya jika jangka panjang."











    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id