Mitos Sunscreen yang Sering Beredar

    Sunnaholomi Halakrispen - 21 Juni 2020 08:00 WIB
    Mitos Sunscreen yang Sering Beredar
    Beberapa mitos sunscreen mungkin Anda percayai. Berikut diantaranya. (Foto: Dok. Noelle Australia/Unsplash.com)
    Jakarta: Sejumlah mitos sering kali beredar tentang produk skincare. Hal ini termasuk pada produk sunscreen atau tabir surya. Jika memercayainya begitu saja, maka Anda akan kecewa dengan hasil penggunaan yang tidak maksimal.

    Dikutip dari The Healthy, mitos pertama ialah tabir surya membuat kulit lebih cerah dibanding sebelum menggunakannya. Fungsi tabir surya sendiri adalah untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari bagi kesehatan.

    Kemudian, mitos tentang kulit yang lebih gelap hanya perlu menggunakan sedikit tabir surya. Dikutip dari The Healthy, memang benar bahwa kulit yang lebih gelap memiliki perlindungan alami terhadap pembakaran dan kanker kulit, itu adalah mitos untuk berpikir bahwa warna kulit saja sudah cukup untuk mencegah melanoma dan kanker kulit lainnya. 

    Selain itu, mengandalkan perlindungan parsial warna kulit yang lebih gelap bisa sangat berbahaya. Hal itu dinyatakan oleh Ingrid C. Zpolcari, MD, asisten profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Minnesota di Minneapolis.

    "Karena gagasan umum bahwa kulit yang lebih gelap memiliki risiko lebih kecil, ketika kanker kulit didiagnosis pada kulit yang lebih gelap, biasanya didiagnosis pada tahap selanjutnya," tuturnya.

    "Rekomendasi yang sama untuk perlindungan tabir surya, SPF minimal 30, diterapkan kembali setiap dua jam, berlaku untuk semua orang, tidak peduli apa warna kulit mereka," tambahnya.

    Menurut Mona Gohara, MD, dokter kulit dan instruktur yang berbasis di Connecticut di Yale School of Medicine, tabir surya dapat mencegah keluhan kosmetik. Termasuk pada kesehatan.

    "Alasan utama orang kulit berwarna gelap mengunjungi dokter kulit adalah karena hiperpigmentasi, melasma dan perubahan warna, dan menggunakan tabir surya membantu melindungi dari hal itu," paparnya.

    Selain itu, mitos bahwa ketika mengandalkan kandungan SPF tabir surya ada dalam produk make up, dinyatakan sudah cukup. Dermatologis setuju, tabir surya dalam pelembap dan make up merupakan kandungan yang baik dalam melindungi kulit dari efek buruk matahari. Cara ini pun mempermudah Anda yang tidak perlu lagi menggunakan sunscreen tambahan.

    "Apa pun yang meminimalkan langkah dan membuatnya mudah bagi tabir surya untuk menjadi bagian dari rutinitas Anda adalah baik. Ketika Anda menerapkannya pada wajah Anda, Anda juga dapat menggunakannya di tangan Anda, bagian belakang leher Anda, dan bagian atas telinga Anda," paparnya.

    Namun, untuk tabir surya dalam produk pelembap atau make up, Anda harus membaca label dan memastikannya minimal memiliki SPF 30 atau lebih tinggi dan terdapat perlindungan spektrum luas. Selain itu, menggunakannya kembali sepanjang hari atau tidak hanya satu kali pemakaian.

    "Tabir surya dalam pelembap atau kosmetik tidak selalu tahan air, sehingga tidak akan memberikan perlindungan lama jika kondisi cuaca panas atau lembap di luar," ucapnya.

    Mitos terakhir, tabir surya mahal diyakini akan bekerja lebih baik. Akak tetapi, hal itu bukanlah suatu kepastian mutlak. Consumer Reports sempat memberi peringkat sunscreen, dan pilihan utamanya adalah produk dari La Roche-Posay, merek mahal. Tetapi, nomor dua dalam daftar adalah tabir surya dari Walmart's Equate, yang harganya sekitar enam kali lebih murah per ons. 

    "Tabir surya yang lebih mahal mungkin lebih menarik secara kosmetik karena perusahaan telah menghabiskan lebih banyak uang untuk memastikan baunya dan terasa elegan," kata Ahli Dermatologi Connecticut Mona Gohara, MD.

    "Tetapi tentang tabir surya, ini semua tentang seberapa banyak sinar ultraviolet dapat menembus ke kulit, dan itu tidak berpatokan pada harga mahal," pungkasnya.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id