Penyebab Insomnia ketika Hamil

    Raka Lestari - 24 Juni 2020 13:04 WIB
    Penyebab Insomnia ketika Hamil
    Ketika sedang hamil, ada banyak sekali rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan wanita hamil. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Ketika sedang hamil, ada banyak sekali rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan wanita hamil. Selain itu, beberapa jenis makanan seperti makanan mentah dan alkohol juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Dan salah satu keluhan lain yang mungkin dialami wanita hamil adalah insomnia.

    Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh European Journal of Obstetrics and Gynecology, insomnia pada saat hamil dialami oleh 44,2 persen wanita yang sedang hamil. Lalu, apa yang menjadi penyebab terjadinya insomnia?

    Dikutip dari Medical News Today, insomnia adalah kualitas tidur yang buruk atau tidak cukup. Hal ini ditandai dengan terjadinya kesulitan tidur nyenyak atau sering terbangun ketika tidur. Dan ketika Anda bangun tidur, Anda merasa lelah.

    Jika Anda sedang hamil, ada beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa tidur nyenyak. Keluhan-keluhan selama kehamilan seperti nyeri punggung, asam lambung naik, keinginan buang air kecil terus menerus, dan keluhan lainnya, dapat menyebabkan wanita hamil kesulitan tidur nyenyak, menurut American Pregnancy Association. 

    Selain itu, restless leg syndrome dan sleep apnea meskipun pada saat sebelum hamil Anda tidak mengalaminya, dapat juga memengaruhi kualitas tidur yang pada akhirnya dapat menyebabkan wanita hamil mengalami insomnia. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk mengatasi keluhan tersebut.

    Untuk mengatasi insomnia saat hamil, perubahan gaya hidup bisa memberikan perubahan yang cukup signifikan. Dilansir dari Healthline, melakukan meditasi dan berolahraga dapat menenangkan otak yang merasa cemas. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda merasa nyaman pada saat tidur, mulai dari memilih bantal dan guling yang tepat dan suhu kamar tidur yang nyaman.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id