5 Alasan Menghilangkan Stres

    Timi Trieska Dara - 11 Februari 2020 14:19 WIB
    5 Alasan Menghilangkan Stres
    Berikut ini berbagi alasan meyakinkan Anda untuk jangan terlalu stres. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Sebanyak 77 persen orang mengalami gejala fisik karena tingkat kecemasan mereka, menurut The American Institute of Stress. Belum lagi 48 persen dari mereka juga percaya bahwa tingkat stres mereka memiliki efek negatif pada kehidupan pribadi dan profesional mereka.

    Bahkan dengan angka-angka mengejutkan ini, perawatan diri, olahraga, makan sehat, dan perhatian biasanya datang terakhir dalam daftar prioritas kita.

    Lagipula, dengan daftar tugas yang setinggi itu, sulit untuk memaksa diri kita untuk berhenti dan bersantai. Berikut ini berbagi alasan meyakinkan Anda untuk santai saja dan jangan terlalu stres seperti dilansir dari Better Homes and Garden.

    1. Untuk pandangan Anda

    Tidak peduli bagaimana Anda menggambarkan suasana hati Anda secara umum, ketika berada di bawah tekanan, kebanyakan orang langsung mengadaptasi pola pikir negatif, menurut ahli neuropsikologi forensik klinik triple-board bersertifikat, Judy Ho, Ph.D.  

    Ho menyarankan penjadwalan 30 menit hingga 1 jam sehari untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia.

    "Ketika Anda meningkatkan fungsi kesehatan mental Anda, Anda akan merasakan lebih banyak emosi positif, tetap berharap, dan merasa lebih selaras dengan nilai-nilai penting Anda dan kehidupan yang memuaskan," tambahnya.

    2. Untuk persahabatan dan hubungan Anda

    Stres dalam bentuk apa pun dapat berdampak besar pada persahabatan dan hubungan kita, menurut penulis dan psikoterapis Tina B. Tessina, Ph.D. Belajarlah untuk pelan-pelan dan menarik napas dalam-dalam ketika Anda sedang kesal.

    "Untuk membentuk kebiasaan ini, Anda harus mengembangkan kedewasaan yang lebih emosional," saran Tessina. Pahami bahwa kemarahan Anda terlihat kekanak-kanakan dan itu akan membuat Anda kehilangan jauh lebih banyak daripada yang akan Anda peroleh.

    5 Alasan Menghilangkan Stres
    (Ahli neuropsikologi forensik klinik triple-board bersertifikat, Judy Ho, Ph.D, Ho menyarankan penjadwalan 30 menit hingga 1 jam sehari untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia. Misalnya yoga atau rileksasi pikiran Anda. Foto: Pexels.com)

    3. Untuk jantung Anda

    Faktanya, stres secara teratur menghasilkan reaksi kimia tertentu dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, menghasilkan jantung berdebar, dan mengakibatkan mulas, sesak napas, dan banyak lagi, menurut ahli jantung Steven Reisman, MD.

    Dalam kasus ekstrem, stres yang intens dapat menempatkan Anda pada risiko serangan jantung atau bahkan kematian mendadak. Reisman menyarankan Anda melakukan rutinitas "pendinginan" yang memungkinkan Anda untuk rileks dan tidak stres.

    Apakah itu yoga dan meditasi atau tertawa yang keras dengan seseorang yang Anda cintai, ini harus menjadi bagian dari hidup Anda.

    4. Untuk tidur Anda

    Salah satu gejala stres yang paling melemahkan adalah tidak bisa tidur. Apakah Anda bolak-balik atau hanya tidak bisa tidur, periode insomnia dapat berdampak negatif pada hampir setiap bagian kehidupan kita, menurut psikolog klinis Kevin Gilliland, Psy.D.

    Ketika kita menjadikan tidur prioritas untuk mendapatkan yang direkomendasikan 7 hingga 8 jam, tingkat stres kita akan lebih rendah.

    Kunci untuk istirahat yang lebih baik adalah, "Berhentilah bekerja dan bicarakan hal-hal yang sangat menegangkan setidaknya 30 menit sebelum Anda tidur."

    5. Untuk anak-anak Anda

    Melody Li, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, menjelaskan bahwa anak-anak benar-benar selaras dengan tingkat stres orang tua mereka, bahkan jika mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan memproses negativitas yang mereka rasakan.

    Akibatnya, kata Li, anak-anak sering menganggap stres itu sebagai bentuk kecemasan; itu disimpan di otot-otot tubuh mereka, menyebabkan mereka menjadi gelisah atau membuat ulah.

    Dan coba tebak apa yang terjadi? Kita menjadi lebih stres - dan siklus terus berlanjut. "Ketika bekerja dengan orang tua yang menyatakan keprihatinan tentang anak-anak mereka yang bertingkah, pertanyaan pertama yang saya tanyakan adalah bagaimana orang tua mengelola tingkat stres mereka sendiri seperti yang sering menjadi pelakunya," kata Li.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id