3 Hal yang Menyebabkan Kecemasan Muncul di Pagi Hari

    Kumara Anggita - 26 Agustus 2020 08:32 WIB
    3 Hal yang Menyebabkan Kecemasan Muncul di Pagi Hari
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Bangun pagi seharusnya menjadi hal yang menyegarkan dan menyenangkan, namun untuk beberapa orang, bangun pagi tak demikian. Mereka bisa merasa cemas setiap sehabis bangun tidur.

    Kira-kira apa alasan di balik kondisi ini? Dikutip dari Healthline, ada sebuah istilah non medis yang disebut dengan kecemasan pagi atau Morning Anxiety. Kondisi ini menjelaskan perasan seseorang yang bangun dan langsung merasa stres dan khawatir.

    Orang dengan kecemasan ini bisa merasa gelisah, putus asa, mudah kesal, kena serangan panik dan masih banyak lagi. Dan ternyata hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya mungkin hormon.

    1. Hormon stres buat Anda cemas

    Ada sebuah hormon stres yang disebut dengan kortisol. Hormon ini dilepaskan oleh kelenjar adrenal sebagai respons terhadap rasa takut atau stres.

    Para peneliti telah mempelajari bagaimana respons terbangunnya kortisol ini, dan telah menemukan bahwa kortisol paling tinggi muncul pada jam pertama bangun. Kondisi ini terjadi bagi mereka yang memiliki tingkat stres yang tinggi. Sehingga membantu menjelaskan mengapa Anda mungkin mengalami peningkatan kecemasan di pagi hari.

    2. Apa yang Anda konsumsi bisa pengaruhi kecemasan

    Selain itu, apa yang Anda makan dan minum di pagi hari juga dapat menyebabkan peningkatan  kecemasan di pagi hari. Kafein dan gula dapat meningkatkan gejala kecemasan.

    3. Masalah Anda sebelum tidur dapat membuat kecemasan

    Begitu juga dengan tidur. Jika Anda tidur dengan perasaan khawatir atau terbangun pada malam hari dengan pikiran cemas, Anda mungkin akan merasa cemas juga di pagi harinya.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id