World Physiotherapy Day 2020, Usung Tema Rehabilitasi Pasca Covid-19

    Yatin Suleha - 09 September 2020 13:57 WIB
    World Physiotherapy Day 2020, Usung Tema Rehabilitasi Pasca Covid-19
    Mengenal profesi fisioterapi di hari World Physiotherapy Day. (Foto: Dok. Toralf Thomassen/Unsplash.com)
    Jakarta: Setelah Anda cedera masuk dalam proses pemulihan, sering kali Anda mendengar kata fisioterapi. Tapi, apa sebenarnya fisioterapi? Fisioterapi adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik akibat cedera atau penyakit.

    Berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015, fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang hidup pasien.

    Selasa, 8 September kemarin, Hari fisoterapi dunia diperingati. Dan tahun 2020, organisasi fisioterapi dunia World Physiotherapy mengusung tema "Rehabilitasi Pasca Covid-19."

    World Physiotherapy mempromosikan pentingnya aktivitas fisik dan latihan dalam program rehabilitasi pasca covid-19.  Aktivitas fisik dan latihan juga sama pentingnya untuk meningkatkan imunitas guna mencegah tertular covid-19. 

    Sebagai ahli dibidang gerak dan fungsi tubuh, fisioterapi juga menggunakan pendekatan latihan sebagai salah satu metode terapinya. Fisioterapis dapat merancang latihan intensitas sedang atau ringan untuk pemulihan pasca covid-19. 

    World Physiotherapy Day 2020, Usung Tema Rehabilitasi Pasca Covid-19
    (Fisioterapi adalah profesi kesehatan yang memiliki peran penting dalam memelihara, mengembangkan dan memulihkan gangguan gerak dan fungsi tubuh. Foto: Dok. Annie Spratt/Unsplash.com)

    Apa itu pelayanan fisioterapi?

    Pelayanan fisioterapi adalah pelayanan'non emergency' yang 'esensial', karena sesungguhnya gerak adalah esensi dari kehidupan. Pelayanan emergensi bekerja untuk menyelamatkan jiwa sedangkan fisioterapi berupaya membuat hidup manusia menjadi bermakna. 

    Fisioterapis atau Fisio, adalah panggilan untuk ahli fisioterapi, yaitu profesi kesehatan yang memiliki peran penting dalam memelihara, mengembangkan dan memulihkan gangguan gerak dan fungsi tubuh agar dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id