Penanganan Tepat pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis

    Sunnaholomi Halakrispen - 19 Maret 2020 11:11 WIB
    Penanganan Tepat pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Pasien penyakit ginjal kronis harus mendapatkan penanganan yang tepat. Salah satunya, menjalankan serangkaian perawatan dari dokter spesialis.

    Namun, tak hanya itu. Anggota Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, menyatakan bahkan aktivitas dalam keseharian bisa memengaruhi kondisi kesehatan. Termasuk soal gaya hidup.

    "Harus modifikasi gaya hidup, yakni dengan tidak merokok dan menjalani pola hidup sehat," ujar dr. Pringgo di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan.

    Kemudian, menjalankan terapi dengan obat-obatan sesuai dengan anjuran sang ahli atau dokter yang tepat. Selanjutnya, rutin melakukan dialisis (cuci darah). Cara lainnya, melakukan transplantasi ginjal.

    Penyakit ginjal kronis sendiri adalah kelainan yang mengenai organ ginjal yang timbul akibat berbagai faktor. Biasanya, timbul secara perlahan dan sifatnya menahun.

    Pada awalnya, tidak ditemukan gejala yang khas, sehingga penyakit tersebut sering kali terlambat diketahui. Namun setidaknya, tanda dan gejala terlihat dari tekanan darah tinggi, perubahan frekuensi dan jumlah buang air kecil dalam sehari.

    Kemudian, adanya darah dalam urine, merasa lemah serta sulit tidur. Selain itu, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, gatal, sesak, merasa mual dan muntah.

    Lalu, tidak dapat berkonsentrasi. Terjadi bengkak, terutama pada kaki dan pergelangan kaki juga pada kelopak mata sewaktu di pagi hari.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id