Cat Rambut Bisa Jadi Pemicu Vitiligo

    Kumara Anggita - 21 November 2019 08:09 WIB
    Cat Rambut Bisa Jadi Pemicu Vitiligo
    Zat yang ada di cat rambut bisa memicu penyakit kulit Vitiligo. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Untuk Anda yang gemar cat rambut, harus hati-hati karena Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dian Pratiwi mengungkapkan bahwa zat yang ada di cat rambut bisa memicu penyakit kulit Vitiligo.

    Vitiligo adalah suatu penyakit kulit akibat kurangnya prigmen melanin dalam tubuh yang bertugas memberi warna untuk kulit, mata, dan rambut. Warna kulit manusia dipengaruhi oleh pigmen bernama melanin. Pada penyakit vitigo, sel-sel pembentuk melanin (melatonosit) berhenti berfungsi memproduksi melanin.

    Zat berbahaya berupa Fenol bisa memicu penyakit ini."Yang ditakutkan dari cat rambut adalah fenol. Beberapa cat rambut fenolnya tinggi. Pada penggunaan jangka panjang akan merusak. Jadi disarankan kalau cat rambut baca bahan fenol ada atau tidak. Tidak boleh terlalu sering digunakan," ujarnya dalam Seminar Media "Vitiligo Munculnya Si Putih yang Tidak Diharapkan" di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

    Untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda, mulai sekarang kurangi pemakaian apapun yang mengandung fenol.

    "Frekuensinya dikurangin. Waktunya dikurangi. Atau menggunakan solusi lain misalnya cat yang semi permanen. Dari sampo juga ada," paparnya.

    Vitiligo dapat terjadi pada manusia di segala usia. Namun sebagian besar, penderita mengalaminya sebelum usia 20 tahun.

    Untuk mendeteksi penyakit ini, Anda bisa melihat adanya kehilangan warna kulit yang merata menjadi putih susu, uban pada rambut di kulit kepala, bulu mata, alis atau janggut. Di samping itu juga terdapat kehilangan warna pada bagian dalam mulut dan hidung, kehilangan atau perubahan warna lapisan dalam bola mata.

    Bila ini terjadi segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Salah satu klinik yang bisa Anda kunjungi untuk mengobati penyakit ini adalah Klinik Pramudia.

    "Klinik pramudia mendedikasikan pelayanan medis di bidang penyakit kulit dan kelamin. Motto kami dalam memberikan pelayanan kulit yaitu Cure, Care, Comfort. Pelayanan yang ada meliputi Dermatologi umum, anak, geriatri, dan penyakit infeksi menular seksual. Kami juga memberikan pelayanan terhadap dermatologi, tentunya hanya bagi lasien yang memang membutuhkan," ujar CEO Klinim Pramudia, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Anthony Handoko.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id