Jenis-jenis Gandum Sehat dan Manfaatnya

    Raka Lestari - 22 Januari 2020 13:01 WIB
    Jenis-jenis Gandum Sehat dan Manfaatnya
    Berbagai jenis gandum terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Berbagai jenis gandum terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan yang cukup bermanfaat dalam jenis-jenis gandum adalah serat.

    Selain itu, gandum juga bisa dipadukan dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya sehingga menghasilkan hidangan yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat.

    Berikut ini adalah beberapa jenis gandum dan manfaat kesehatannya, seperti dimuat womenshealthmag:

    Brown rice 

    Mengganti nasi putih biasa dengan brown rice atau beras coklat merupakan cara yang mudah untuk menyerap lebih banyak serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, brown rice juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk mengganti nasi putih dengan brown rice.

    Quinoa

    Jill Merkel, RD, seorang sports performance and wellness dietitian di Nutrition for Endurance mengatakan bahwa quinoa mengandung lebih tinggi protein dibandingkan brown rice. Sehingga mengonsumsi quinoa bisa memberikan lebih banyak nutrisi. Selain itu, quinoa juga pilihan yang baik untuk mereka yang mengikuti diet vegetarian.

    Buckwheat

    Buckwheat atau lebih dikenal dengan nama sorgum merupakan pilihan yang sangat sehat. Scott Keatley, RD, dari Keatley Medical Nutrition Therapy mengatakan bahwa buckwheat sangat baik untuk kesehatan jantung, mengandung protein, serat, magnesium, kalsium, dan banyak vitamin B. Selain itu, buckwheat juga merupakan jenis gandumg yang bebas gluten atau gluten-free.

    Oats

    Oats merupakan sumber serat yang bagus untuk tubuh. Menurut Merkel, jika Anda ingin merasa lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama bisa dengan mengonsumsi oats.

    Oats bisa dijadikan sarapan yang baik dan bisa membuat Anda kenyang sampai siang hari. Namun usahakan tidak memberikan topping berlebihan dan mengandung gula tambahan.

    Barley 

    Dengan rasa yang lezat dan sedikit pedas, barley merupakan tambahan yang cocok dengan sup, sayuran, atau berbagai jenis masakan lainnya yang membutuhkan nasi atau biji-bijian. Merkel biasanya menggunakan barley yang sudah dikupas terlebih dahulu kulitnya, sehingga tidak perlu direndam terlebih dahulu sebelum dimasak.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id