Anak yang Alergi Susu Sapi Bisa Berkembang dengan Optimal

    Kumara Anggita - 31 Agustus 2019 16:07 WIB
    Anak yang Alergi Susu Sapi Bisa Berkembang dengan Optimal
    Ilustrasi--(Foto: Pixabay)
    Tidak semua anak bisa atau cocok mengonsumsi protein dari susu sapi. Salah satu alternatif pemberian nutrisi bagi anak-anak yang tidak cocok protein susu sapi adalah formula dengan isolat protein kedelai.


    Jakarta: Dalam masa tumbuh kembangnya, anak membutuhkan konsumsi nutrisi seimbang. Salah satunya adalah protein.

    Susu sapi merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, akan tetapi tidak semua anak bisa atau cocok mengonsumsi protein dari susu sapi.

    Untuk itu perlu diberikan alternatif nutrisi agar tetap dapat mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak, seperti susu pertumbuhan yang mengandung formulasi khusus protein terhidrolisa ekstensif, protein asam amino bebas atau isolat protein soya dengan bahan dasar soya. 
     
    Protein merupakan salah satu komponen nutrisi seimbang yang berperan untuk pembentukan struktur sel, membantu sel menjalankan fungsinya, dan mengatur banyak fungsi di dalam jaringan tubuh dan organ.

    Seringkali, orang tua merasa khawatir dengan tumbuh kembang anak mereka yang tidak cocok dengan protein susu sapi, karena kekurangan protein pada anak akan mengakibatkan tumbuh kembang anak terganggu. 
     
    Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), Konsultan tumbuh kembang anak menjelaskan, anak-anak dengan faktor risiko tidak toleran terhadap protein susu sapi tetap berkesempatan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sama dengan anak lainnya.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua, yang paling penting adalah alternatif nutrisi agar kebutuhan makronutrien, termasuk protein, dan mikronutrien tetap terpenuhi.
     
    Ia juga menambahkan bahwa salah satu alternatif pemberian nutrisi bagi anak-anak yang tidak cocok protein susu sapi adalah formula dengan isolat protein kedelai atau soya yang telah difortifikasi.  

    “Formula berbasis isolat protein soya adalah alternatif yang aman dan efektif pada anak yang kebutuhan nutrisinya tidak bisa terpenuhi dari susu pertumbuhan dasar berbahan dasar susu sapi,” ujar Rini dalam acara peluncuran SGM Eksplor Advance+ Soya, di kawasan Jakarta Pusat. 
     
    Formula dengan isolat protein soya merupakan nutrisi yang tidak kalah baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Ia mengatakan bahwa berdasarkan sejumlah penelitian, telah terbukti bahwa pola pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi metabolisme, fungsi reproduksi, endokrin, imunitas, dan sistem saraf dari anak-anak yang memgonsumsi protein susu sapi dengan isolat protein soya tidak berbeda secara signifikan dengan anak-anak yang mengonsumsi susu sapi.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id