10 Fakta Tulang Belakang

    Anda Nurlaila - 21 Oktober 2019 13:42 WIB
    10 Fakta Tulang Belakang
    Beberapa fakta tentang tulang belakan yang bisa Anda ketahui berikut ini. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Tulang belakang manusia terdiri dari berbagai macam tulang yang saling bertumpuk dari bagian leher hingga ke pinggang. Nyeri pada tulang belakang salah satu yang gangguan yang paling umum dirasakan manusia.  

    Vertebra atau tulang belakang dapat menyatu, berubah bentuk, dan dipengaruhi beberapa hal. Seperti dimuat dalam WebMD, ada sejumlah fakta mengenai tulang belakang:

    1. Tulang belakang terdiri dari lebih banyak tulang

    Tulang belakang terdiri dari banyak tulang berbentuk cincin dan bertumpuk satu sama lain. Kebanyakan orang terlahir dengan jumlah tulang belakang sebanyak 33 buah. Tetapi pada saat mencapai usia dewasa, tulang hanya tersisa 24 buah. Saat tumbuh, beberapa tulang belakang menyatu.

    2. Tubuh meninggi di ruang angkasa

    Di Bumi, gravitasi membebani tubuh dan menghantam cakram kenyal di antara tulang belakang. Sementara di ruang angkasa itu tidak terjadi, sehingga tulang belakang memanjang. Astronot dapat tumbuh hingga tiga persen lebih tinggi di ruang angkasa. Ketika mereka kembali ke gravitasi Bumi, mereka kembali ke ketinggian normal.

    3. Pemilik tulang leher terbanyak

    Fakta ini mungkin mengejutkan, tetapi jerapah memiliki jumlah tulang leher yang sama dengan manusia. Kebanyakan mamalia memiliki tujuh tulang leher. Namun, sloth tiga jari memiliki sembilan tulang leher.

    10 Fakta Tulang Belakang
    (Ajari anak menjaga punggung tetap sehat, salah satunya dengan tekuk lutut saat mengambil benda besar. Foto: Pexels.com)

    4. Bentuk tulang belakang

    Kurva tulang belakang dari samping terlihat seperti hurup S. Tulang ini menopang berat badan dan membantu menyeimbangkan tubuh dan berdiri tegak. Bagian atas tulang belakang menopang berat kepala yakni sekitar lima sampai enam kilogram. Sedangkan bagian bawah tulang belakang menopang sebagian besar berat badan Anda.

    5. Cakram di antara tulang belakang

    Cakram atau di antara tulang belakang adalah peredam goncangan saat Anda berdiri, berjalan dan berlari. Berada di antara tulang-tulang belakang, cakram ini memiliki bagian luar keras tapi kenyal dan lembut di bagian dalam. Jika cakram robek, jeli lunak di dalamnya keluar dan bisa menyebabkan rasa sakit, lemah, atau mati rasa.

    6. Posisi tidur terbaik bagi punggung

    Tidur menyamping paling baik bagi kesehatan punggung. Apabila Anda tidur tengkurap, itu bisa menyebabkan punggung tegang dan melukai leher. Tidur telentang memberi tekanan ekstra pada punggung. Untuk menguranginya, simpan bantal di bawah lutut. Tidur menyamping dengan bantal di antara lutut juga membantu.
     
    Agar tulang belakang sehat, pertahankan berat badan yang sehat. Duduklah dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul. Berhenti merokok karena mengurangi aliran darah ke cakram tulang.

    7. Lama istirahat saat nyeri punggung

    Satu-dua hari mungkin membuat Anda merasa lebih baik, tetapi lebih dari itu menyebabkan tulang punggung lemah dan semakin sakit. Olahraga ringan dapat membantu daripada istirahat atau minum obat-obatan. Disarankan untuk berjalan beberapa menit setiap jam meskipun itu menyakitkan.

    10 Fakta Tulang Belakang
    (Bagian atas tulang belakang menopang berat kepala yakni sekitar lima sampai enam kilogram. Sedangkan bagian bawah tulang belakang menopang sebagian besar berat badan Anda. Foto: Pexels.com)

    8. Dompet bisa berdampak buruk bagi tulang belakang

    Masih dari sumber yang sama, sebaiknya Anda hilangkan kebiasaan menyimpan dompet di saku belakang. David Zelman, MD menyarankan Anda untuk pertimbangkan mengeluarkan barang yang tidak perlu dibawa karena dapat membuat tulang punggung tidak seimbang.   

    9. Penderita nyeri punggung: dewasa dan anak

    Nyeri punggung bawah cenderung mengganggu orang yang berusia 30 dan lebih tua. Tetapi anak-anak dengan ransel yang kelebihan beban juga dapat mengalami masalah tulang belakang.

    Ajari anak menjaga punggung tetap sehat dengan cara:

    1. Tekuk lutut saat mengambil benda besar.
    2. Simpan buku di loker dan meja mereka jika memungkinkan.
    3. Ransel dengan roda dapat membantu jika mereka harus membawa beban berat.
    4. Simpan ransel di tempat aman saat Anda bekerja. Menggendong tas di punggung sepanjang hari dapat menyebabkan sakit punggung dan ketidaknyamanan.

    10. Lokasi cedera tulang punggung pengaruhi rasa sakit

    Tempat cedera tulang belakang memberi banyak perbedaan. Mereka yang cedera di leher mungkin lumpuh total. Cedera yang lebih rendah pada sumsum tulang belakang bisa berarti hilangnya gerakan di kaki dan dada.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id