Tanda Si Kecil Butuh Lebih Banyak Waktu Tidur

    Raka Lestari - 09 November 2018 13:00 WIB
    Tanda Si Kecil Butuh Lebih Banyak Waktu Tidur
    Menurut evolutionary anthropologist, Gwen Dewar, Ph.D, bayi yang terlihat kelelahan biasanya pertanda bahwa mereka perlu lebih banyak waktu tidur. (Foto: Echo Grid/Unsplash.com)
    Jakarta: Bayi, terutama yang baru lahir memang dikenal memiliki jam tidur yang cukup banyak. Menurut American Academy of Sleep Medicine, ketika mencapai usia 4 bulan harus mendapatkan setidaknya 12 hingga 16 jam waktu tidur setiap hari antara tidur siang dan tidur malam.  

    Bahkan menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan jangka pendek dan jangka panjang serta kesejahteraan emosional mereka.
    Untungnya, ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan apakah bayi Anda perlu waktu tidur yang lebih banyak atau tidak. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa bayi Anda butuh waktu tidur yang lebih banyak.

    1. Kualitas tidur yang buruk saat malam hari
    Menurut National Sleep Foundation di Amerika Serikat, kurang tidur dapat membuat bayi menjadi lebih rewel ketika tidur. Ketika bayi mendapatkan waktu tidur yang kurang, bayi membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, bangun lebih sering di malam hari atau di pagi hari, lebih cenderung mengalami gangguan tidur, dan lebih sulit untuk tidur tenang.

    (Baca juga: Kenapa Bayi yang Baru Lahir Lebih Banyak Tidur?)

    Tanda Si Kecil Butuh Lebih Banyak Waktu Tidur
    (Bahkan menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan jangka pendek dan jangka panjang serta kesejahteraan emosional mereka. Foto: Zach Lucero/Unsplash.com)

    2. Menjadi lebih pemarah
    Menurut dokter anak Kathryn Bucklen, M.D, bayi yang tidak cukup tidur akan dengan mudah mengalami overstimulasi dan, akibatnya sulit untuk dikendalikan. Stanford juga mencatat bahwa kurang tidur juga dapat menyebabkan bayi menjadi pemarah. Jika bayi Anda tampak kesal dan tidak bisa dihibur setiap malam, ia mungkin membutuhkan lebih banyak tidur.

    3. Mereka mudah sakit
    Menurut Dr Shalini Paruthi, MD, asisten profesor pediatri di Saint Louis University School of Medicine dan direktur Pediatric Sleep and Research Centre, kurang tidur sebenarnya dapat berdampak pada kesehatan bayi Anda dengan mengganggu kemampuan sistem kekebalan tubuh mereka untuk melawan penyakit. Dan sakit tersebut, yang pada gilirannya dapat mengganggu tidur.

    4. Mereka terlihat kelelahan
    Menurut evolutionary anthropologist, Gwen Dewar, Ph.D, bayi yang terlihat kelelahan biasanya pertanda bahwa mereka perlu lebih banyak waktu tidur. Untuk membuat bayi Anda yang kelelahan lebih cepat tertidur, Bucklen menyarankan untuk meredupkan cahaya, menciptakan lingkungan yang tenang, atau bahkan menggendong mereka sambil mengayunkannya agar mereka lebih cepat tertidur.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id