Cara Alami Mengatasi Cegukan

Dhaifurrakhman Abas - 12 Januari 2019 06:12 wib
Cara Alami Mengatasi Cegukan (Foto: gettyimages)
Cara Alami Mengatasi Cegukan (Foto: gettyimages)

Jakarta: Cegukan yang terjadi secara menerus kadang bikin kesal. Apalagi kalau sampai mengeluarkan bunyi saat sedang memimpin rapat atau sekadar mengobrol.

Kalau sudah begini rasanya ingin cepat-cepat meminum segelas air mineral. Karena dipercaya dari dulu ampuh mengatasi cegukan.

Secara medis, cegukan terjadi akibat kontraksi antara otot-otot diafragma yang memisahkan dada dari perut. Kontraksi menyebabkan asupan udara ketika bernapas tiba-tiba berhenti di penutupan pita suara (glottis).

Sementara cegukan menimbulkan suara "hic" atau "hiccup" lantaran udara yang dihirup buat bernapas tak bergerak secara normal. Kontraksi otot malah membuat tubuh terpaksa menarik udara secara cepat dari luar ke dalam tubuh.

Memilih mengonsunsi air mineral memang dipercaya ampuh buat mengatasi cegukan. Namun siapa sangka, beberapa cara berikut ini juga bisa membantu menghilangkan cegukan secara cepat.

Mengonsumsi selai kacang

Selai kacang merupakan salah satu cara tepat dalam mengatasi cegukkan. Sebab mengandung protein tinggi sekaligus dapat merangsang saraf vagus yang bisa menghentikan cegukan secara langsung.

Pijat langit-langit mulut

Jika cegukan tak kunjung berhenti, Anda bisa memijat area langit-langit mulut. Lakukan pemijatan dengan perlahan dari permukaan rahang hingga bagian tenggorokan.

Mengatur napas

Cegukan bikin udara yang masuk ke dalam tubuh tidak berjalan dengan semestinya  Maka Anda coba mengatur napas dengan cara yang benar.

Yang Anda perlu lakukan adalah dengan menarik napas dalam-dalam lalu tahan sejenak. Kemudian hembuskan perlahan hingga beberapa kali.

Mengatur napas dipercaya menjadi salah satu cara paling ampuh dalam mengatasi cegukan. Hal ini lantatan membantu oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat.




 


(ELG)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.