Cara Alami Mengatasi Cegukan

    Dhaifurrakhman Abas - 12 Januari 2019 06:12 WIB
    Cara Alami Mengatasi Cegukan
    Cara Alami Mengatasi Cegukan (Foto: gettyimages)
    Jakarta: Cegukan yang terjadi secara menerus kadang bikin kesal. Apalagi kalau sampai mengeluarkan bunyi saat sedang memimpin rapat atau sekadar mengobrol.

    Kalau sudah begini rasanya ingin cepat-cepat meminum segelas air mineral. Karena dipercaya dari dulu ampuh mengatasi cegukan.
    Secara medis, cegukan terjadi akibat kontraksi antara otot-otot diafragma yang memisahkan dada dari perut. Kontraksi menyebabkan asupan udara ketika bernapas tiba-tiba berhenti di penutupan pita suara (glottis).

    Sementara cegukan menimbulkan suara "hic" atau "hiccup" lantaran udara yang dihirup buat bernapas tak bergerak secara normal. Kontraksi otot malah membuat tubuh terpaksa menarik udara secara cepat dari luar ke dalam tubuh.

    Memilih mengonsunsi air mineral memang dipercaya ampuh buat mengatasi cegukan. Namun siapa sangka, beberapa cara berikut ini juga bisa membantu menghilangkan cegukan secara cepat.

    Mengonsumsi selai kacang

    Selai kacang merupakan salah satu cara tepat dalam mengatasi cegukkan. Sebab mengandung protein tinggi sekaligus dapat merangsang saraf vagus yang bisa menghentikan cegukan secara langsung.

    Pijat langit-langit mulut

    Jika cegukan tak kunjung berhenti, Anda bisa memijat area langit-langit mulut. Lakukan pemijatan dengan perlahan dari permukaan rahang hingga bagian tenggorokan.

    Mengatur napas

    Cegukan bikin udara yang masuk ke dalam tubuh tidak berjalan dengan semestinya  Maka Anda coba mengatur napas dengan cara yang benar.

    Yang Anda perlu lakukan adalah dengan menarik napas dalam-dalam lalu tahan sejenak. Kemudian hembuskan perlahan hingga beberapa kali.

    Mengatur napas dipercaya menjadi salah satu cara paling ampuh dalam mengatasi cegukan. Hal ini lantatan membantu oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat.




     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id