Faktor Minimnya Jumlah Donor di Bidang Transplantasi Organ

    Raka Lestari - 11 September 2020 17:23 WIB
    Faktor Minimnya Jumlah Donor di Bidang Transplantasi Organ
    Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum mengenal transplantasi organ, sehingga masih apatis terhadap kegiatan transplantasi organ. (Foto: Freepik)
    Jakarta: Prosedur transplantasi, atau lebih dikenal istilah cangkok, merupakan tindakan pemindahan sebagian atau seluruh jaringan atau organ. Baik dari suatu bagian tubuh makhluk hidup ke bagian tubuh lain dalam satu individu, maupun dari satu individu (donor) ke individu lain  (resipien).

    Jaringan atau organ yang dipindahkan tersebut nantinya akan berfungsi menggantikan jaringan   atau organ asal yang telah rusak atau tidak berfungsi. Salah satu jenis transplantasi organ yang paling sering dikerjakan di seluruh dunia adalah transplantasi ginjal. Namun sayangnya, ketersediaan donor masih menjadi kendala dalam hal ini.

    “Masalah universal dalam bidang transplantasi organ adalah kurangnya jumlah donor. Transplantasi ginjal di Indonesia baru dilaksanakan dari donor hidup, sedangkan transplantasi dari donor jenazah belum terlaksana,” ujar Prof. Dr. dr. Endang Susalit, SpPD-KGH, FINASIM, Ketua Indonesian Transplantation Society, dalam Virtual Media Briefing mengenai Penyakit Ginjal Kronik, Jumat, 11 September 2020.

    Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum mengenal transplantasi organ, sehingga masih apatis terhadap kegiatan transplantasi organ. Upaya penyuluhan tentang donasi ginjal kepada masyarakat sudah sering dilakukan tetapi masih sedikit yang bersedia menyumbangkan ginjalnya untuk pasien yang membutuhkan.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id