Begini Alur Ibu Hamil Tularkan COVID-19 pada Bayinya

    Sunnaholomi Halakrispen - 20 Februari 2020 17:05 WIB
    Begini Alur Ibu Hamil Tularkan COVID-19 pada Bayinya
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Tersebar informasi tentang adanya seorang ibu hamil yang terpapar virus korona COVID-19 dan bayinya pun tertular. Menanggapi kejadian itu, dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP (K), selaku Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan, memaparkan bagaimana alur penularan tersebut.

    "Itu kemungkinan dari plasenta. Virus itu kan dari saluran napas ke sistem pembuluh darah. Bayi kan makannya dari tali pusat dengan plasenta," ujar dr. Erlina di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat.

    Lantaran demikian, bayi itu pun bisa terkena COVID-19 yang telah diderita sang ibu. Namun, dr. Erlina enggan memastikan apakah hal tersebut merupakan penyebab pasti, karena kasusnya belum banyak dan belum banyak penelitiannya.

    "Tapi bahwa virus itu bisa ke pembuluh darah, iya," jelasnya.

    Sementara itu, penanganan yang bisa dilakukan terhadap bayi ialah dengan meningkatkan sistem imunnya. Penekanannya, pemberian ASI (air susu ibu) sebagai asupan nutrisi utama si kecil.

    "Tetap harus dikasih ASI walau tidak disusui. Bisa dari pumping dan diberikan oleh orang lain. Jadi enggak kontak kulit ke kulit dengan ibunya, kontak manusia ke manusia. Tidak terlalu dekat," paparnya.

    Bayi mengonsumsi ASI yang diproduksi ibu penderita COVID-19 tidak berbahaya. Walaupun, kata dr. Erlina, sejauh ini belum ada kepastian penjelasan detailnya.

    Sebelumnya, 2 Februari 2020 seorang bayi dilahirkan dengan berat badan 3,25 kilogram. Sementara sang ibu menderita COVID-19, setelah didiagnosa ternyata bayi itu tertular penyakit yang sama.

    Akan tetapi, belum diketahui jelas bagaimana penularan terjadi pada kasus tersebut. Apakah penularannya terjadi saat bayi berada di dalam rahim sang ibu, atau penularan terjadi setelah bayi dilahirkan yang mengalami kontak dengan ibunya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id