Kekurangan 6 Jenis Vitamin Ini Bisa Bikin Sulit Tidur

    Raka Lestari - 13 Juli 2020 14:00 WIB
    Kekurangan 6 Jenis Vitamin Ini Bisa Bikin Sulit Tidur
    Jika Anda sulit tidur, mungkin ada kekurangan di beberapa jenis vitamin ini. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Vitamin dan mineral tidak hanya membantu dalam kesehatan tubuh, tetapi jika Anda kekurangan vitamin dan mineral maka Anda juga bisa mengalami kesulitan untuk tidur. Dan kekurangan vitamin tertentu, bisa membuat Anda kekurangan waktu tidur.

    Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin yang membuat Anda sulit tidur jika mengalami defisiensi:

    1. Vitamin D 

    Vitamin D biasanya diproduksi oleh tubuh ketika tubuh terkena sinar matahari dan bisa ditemukan dalam beberapa makanan seperti ikan dan beberapa produk susu.

    Sebuah studi meta-analis yang dipublikasikan dalam Nutrients pada tahun 2018 menemukan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan gangguan tidur dan vitamin D yang rendah meningkatkan risiko gangguan tidur.

    2. Vitamin C

    Selain bermanfaat bagi sistem imun, vitamin C dapat membantu menurunkan stres hormon dan membantu mengurangi gejala stres seperti sakit dan kurang tidur. Sebuah studi pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam Nigerian journal of physiological sciences menemukan bahwa vitamin C dapat menurunkan level kortisol (hormon stres) dan membantu mengatasi kurang tidur.

    3. Kalsium 

    “Asupan kalsium yang rendah sering diasosiasikan dengan kesulitan tidur,” kata Robin Foroutan, MS, RDN, ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. “Ini mungkin karena kalsium membantu otak Anda untuk menggunakan asam amino triptopan untuk membuat melatonin (hormon tidur).”

    Sebuah studi pada tahun 2015 dalam Journal of Sleep Research juga menemukan bahwa seseorang yang memiliki tingkat kalsium normal lebih mudah untuk tidur dibandingkan yang kekurangan asupan kalsium.

    5. Vitamin B12

    Kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan insomnia, depresi, dan masalah tidur. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine pada tahun 2019 menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 juga dapat membuat Anda lebih mudah lelah di siang hari.

    6. Magnesium

    “Beberapa nutrisi seperti magnesium, zinc dan asam amino tertentu adalah bahan utama untuk menenangkan neurotransmitter yang dapat membuat otak lebih mudah untuk istirahat. Sehingga kekurangan nutrisi penting tersebut dapat membuat seseorang lebih sulit untuk tidur nyenya,” kata Foroutan.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id