Mengapa Sudah Makan Teratur namun Mag Tetap Kambuh?

    Kumara Anggita - 11 Agustus 2020 10:04 WIB
    Mengapa Sudah Makan Teratur namun Mag Tetap Kambuh?
    Salah satu nyeri perut yang sering terjadi di banyak orang adalah nyeri karena mag. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Salah satu nyeri perut yang sering terjadi di banyak orang adalah nyeri karena mag. Untuk menghilangkan rasa itu, beberapa orang jadi mengubah kebiasaan hidupnya dengan lebih teratur makan.

    Kendati demikian, usaha ini tak selalu memberikan hasil. Masih ada yang magnya kambuh walaupun sudah makan teratur. Kira-kira apa penyebabnya ya?

    Menurut Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB, FINASIM, FACP, FACG bila ini terjadi Anda harus memastikan apakah Anda sudah minum obat atau belum. Pastikan Anda menggunakan obat yang bisa optimal menekan asam lambung.

    “Obat untuk menekan asam lambungnya sudah cukup atau tidak. Apakah ada tambahan kombinasi untuk hilangkan nyeri,” ungkapnya dalam Live Video Apa kata Dokter di Instagram.

    Bila Anda masih menemukan keluhan. Menurutnya ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk menghindari penyakit lain yang mungkin berkontribusi dalam membuat perut Anda nyeri.  “(Lakukan) USG. Batu empedu bisa seperti gejalanya sakit maag. (Dengan USG) bisa dilihat apakah pankreas radang, kantong empedu radang, ada batu di empedu, liver, ada batu di ginjal,” ujarnya.

    Ia juga menambahkan bahwa sebaiknya Anda tak mengonsumsi penghilang rasa sakit saat magg Anda kambuh. Mungkin nyerinya akan hilang sesaat namun nanti dampaknya akan lebih memperburuk mag itu sendiri.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id